Final Workshop Program Strive di Hotel-Santika (Yoga)

MALANGTODAY.NET –  Para wirausaha mikro dan kecil di wilayah Malang Raya, mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan untuk mengakses dana dari lembaga keuangan formal. Pelatihan itu diberikan secara gratis oleh Mastercard Center for Inclosive Growth dan Mercy Corps Indonesia.

Representative Mercy Corps Indonesia, Jennifer Bielman mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pelaku usaha, terutama dalam mengembangkan produknya seiring daya saing pasar yang semakin ketat.

“Jadi tidak ada bantuan berupa dana yang kami keluarkan. Mercy Corps hanya yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dengan memberikan motivasi dan pengetahuan untuk dapat mengakses lembaga keuangan formal,” kata dia di Hotel Santika, Kota Malang, Selasa (7/8).

Baca Juga: Diledek Dirinya dan Tasya Kamila Pendek, Rossa Balik Serang Netizen

Ia menambahkan, kemudahan itu yakni melalui program Strive yang telah memiliki kemitraan. “Program ini bermitra dengan beberapa lembaga keuangan mikro, kantor koperasi dan mikro kecil serta menengah, Dinas Ketahanan Pangan, organisasi masyarakat setempat,” paparnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, program ini telah membantu wirausaha mikro dan kecil dengan membangun kemandirian finansial yang kuat. Konsepnya, dengan memberikan pelatihan secara tatap muka dan digital serta mentoring yang dikombinasikan dengan penyebaran informasi, tips dan nasihat manajemen keuangan dan bisnis melalui layanan pesan singkat.

“Program yang telah berjalan 18 bulan ini telah berhasil melatih sebanyak 2.408 pengusaha mikro dan kecil di Indonesia. Dan tercatat 1.017 usaha kecil yang telah meningkatkan laba dan 908 pengusaha sudah mengakses layanan dari lembaga keuangan formal,” tuturnya.

Baca Juga: Nama 7 Artis Ini Beda Banget Sama Aslinya, Nomor 6 Aslinya Lebih Bagus

Ia pun berharap, program ini juga membangun pondasi yang bisa dijadikan basis perkembangan berkelanjutan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di wilayah Malang Raya.

“Program ini menjadi sarana bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang paling aktif di pasar lokal, namun kurang mendapat perhatian,” tandasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Swara Mardika