Ilustrasi @tribunnews
Ilustrasi @tribunnews

MALANGTODAY.NET – Beragam aksi dilakukan untuk merayakan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei. Mereka membawa banyak tuntutan, termasuk juga terkait perkara upah. Apakah ZensTODAY sudah tahu berapa Upah Minimum Regional (UMR) di Malang Raya? Yuk, mari kita lihat kembali UMR di Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang.

Kota Malang

Daerah yang kerap disebut dengan Kota Pendidikan ini sudah memiliki UMR yang cukup lumayan. Dibanding tahun 2018, UMR Kota Malang pada 2019 mengalami kenaikan. UMR Kota Malang pada 2018 tercatat sebesar Rp 2,5 juta, tahun 2019 UMR Kota Malang menjadi 2,6 juta.

Alun-alun Tugu dan balai Kota Malang @bisniswisata
Alun-alun Tugu dan balai Kota Malang @bisniswisata

Kota Batu

Meski banyak tempat wisata, ternyata Kota Batu memiliki UMR di bawah sedikit dari Kota Malang. UMR Kota Batu pada 2019 sebesar Rp 2,5 juta. UMR ini sudah mengalami kenaikan dibanding pada 2018 yang sebesar Rp 2,3 juta.

Alun-alun Kota Batu @dolandolen
Alun-alun Kota Batu @dolandolen

Kabupaten Malang

UMR Kabupaten Malang cukup tinggi di bandingkan dengan dua kota di Malang Raya. Tercatat, UMR Kabupaten Malang pada 2019 sebesar Rp 2,7 Juta. Tentu jumlah ini mengalami kenaikan yang cukup lumayan daripada tahun 2018 yang sebesar Rp 2,5 juta.

Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu destinasi liburan di Kabupaten Malang @okenews
Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu destinasi liburan di Kabupaten Malang @okenews

Seperti dikutip dari Detiknews, pada Rabu (1/5/2019) bahwa Presiden Jokowi akan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Poin yang akan direvisi pemerintah adalah tentang penghitungan kenaikan upah.

Selama ini, rumusan upah dalam PP tersebut adalah Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan = UMP tahun berjalan + (UMP tahun berjalan x [indlasi + pertumbuhan ekonomi]).

Akankah nanti ada perubahan ke arah yang lebih baik? Tunggu saja! Namun, yang wajib kita lakukan sekarang adalah tetap bersyukur. Meski upah belum mencapai angka 3, bersyukur tidak boleh berhenti. Sebab, bersyukur itulah yang membuat kita bisa menikmati hidup dengan bahagia! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.