MALANGTODAY.NET – Pagi ini, (12/10) dengan bertempat di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Mangrove Workshop and Restoration, kerjasama antara BRI dan Univeraitas Brawijaya Malang, dalam hal ini Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB resmi dibuka.

Kepala Kantor Wilayah BRI Malang, Rahmad Guntur Kristianto dalam sambutannya menyebutkan, mangrove menjadi salah satu ekosistem terpenting dalam habitat laut. Oleh sebab itu, sangat penting dilakukan pembibitan kembali untuk kepentingan terjaganya ekosistem laut tersebut. Sehingga, perlu adanya kerjasama yang dalam hal ini dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan sektor kelautan Indonesia, khususnya wilayah Malang.

“Saya berharap, kerjasama ini tidak berhenti di sini, tapi akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof Dr. Ir Mohammad Bisri, M.S menambahkan, kegiatan positif ini diharapkan akan terus dikembangkan. Tak hanya sekedar workshop dan diskusi semata, melainkan juga melakukan penanaman mangrove secara berkala.

“Berdasarkan pengalaman saya, jika dilakukan dengan rutin, butuh waktu lebih dari 20 tahun untuk seluruh mahsiswa diseluruh Indonesia menanam mangrove,” paparnya.

Dia menambahkan, kerjasama yang terjalin ini diharapkan dapat mendukung gerakan penghijauan secara kelanjuta. Selain itu juga dapat meningkatkan etos kerja setiap mahasiswa untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang kelautan. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda