Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang

MALANGTODAY.NET – Wacana Full Day School yang belum lama ini dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia nampaknya disambut positif Dinas Pendidikan Kota Malang. Pasalnya, dalam waktu dekat, sekolah negeri di kota pendidikan ini akan mulai menerapkan Full Day School.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah, M.M menyebutkan, berbagai pihak sekolah menyatakan kesetujuannya dengan kebijakan tersebut. Karena di Malang sendiri, sudah banyak sekolah yang menerapkan full day school, jauh sebelum Kemendikbud mencanangkan program tersebut.

“Nanti akan segera dikoordinasi secara bertahap terhadap semua sekolah, baik negeri maupun swasta,” katanya.

Perempuan berhijab ini menambahkan, kebijakan ini sangat memudahkan para orangtua yang aktif bekerja di luar rumah. Karena dari pagi hingga sore, anak-anak akan terus dalam pengawasan sekolah. Sehingga, anak-anak akan lebih aman dan dapat dijauhkan dari pengaruh buruk yang tidak diinginkan.

“Full Dau School ini nggak seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Karena pelajaran yang diberikan tidak sepenuhnya materi, tapi ekstrakulikuler yang mengasah kreatifitas anak-anak,” jelas Zubaidah.

Sementara untuk mendukung penerapan kebijakan itu, lanjutnya, berbagai fasilitas baru akan ditambah. Salah satunya penambahan bus sekolah yang rencananya akan direalisasikan tahun depan. Penambahan ini juga untuk memudahkan para siswa yang tidak terjangkau oleh transportasi umum.

Dicontohkannya untuk SMAN 22 Malang misalnya, yang kebanyakan siswanya memiliki jarak tempuh yang jauh. Sementara transportasi umum sangat jarang ditemui.

“Berbagai fasilitas terus kami upayakan untuk mendukung program full day school maupun yang lain,” pungkasnya. (pit/ind).

Berikan tanggapan Anda