Libur Panjang, Cabai Rawit Terpantau Mengalami Kenaikan Harga

MALANGTODAY.NET – Deretan kebutuhan pokok hari ini terpantau mengalami kenaikan cukup signifikan. Salah satunya cabai rawit yang dibandrol Rp 90 ribu per kilogramnya, dari yang sebelumnya Rp 80 ribu. Kenaikan ini kemungkinan disebabkan semakin menipisnya jumlah pasokan, akibat petani gagal panen.

Pedagang sayur Pasar Oro-Oro Dowo, Kasiati mengatakan, kenaikan juga terjadi pada beberapa produk lain seperti  terong, pete, wortel, dan tomat. Namun meski begitu, kenaikan tidak mempengaruhi jumlah pembeli untuk berbelanja.

“Hanya jumlahnya saja yang berkurang. Kalau sebelumnya beli satu kilogram, ada yang beli hanya setengah kilogram. Karena kenaikan masih stabil saya rasa, jadi daya belinya masih ada,” katanya pada Media beberapa menit lalu.

Secara rinci ia menyebutkan harga dari setiap produk yang ia jual. Untuk terong per kilogramnya dihargai Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 8 ribu. Kemudian wortel yang sebelumnya berkisar antara Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu kini dibandrol Rp 12 ribu. Begitu juga pete yang naik menjadi Rp 130 ribu, dari sebelumnya Rp 10 ribu.

Libur Panjang, Cabai Rawit Terpantau Mengalami Kenaikan Harga

Sementara beberapa produk lain terpantau mengalami penurunan harga. Seperti buncis turun menjadi Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 15 ribu. Kemudian cabai merah besar yang sebelumnya seharga Rp 60 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Jagung dan tomat harganya masih tetap, masing-masing per kilonya Rp 8 ribu dan Rp 13 ribu untuk tomat besar, dan Rp 8 ribu untuk tomat kecil,” tambahnya.

Dia menyebutkan, jelang perayaan tahun baru, harga cabai merah besar cenderung mengalami kenaikan. Tapi kali ini, harga lombok besar itu malah mengalami penurunan. Kemungkinan dikarenakan stok yang ada di pasar masih memenuhi kebutuhan.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here