Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil Ditargetkan Kembali Ke Kelurahan Per Februari
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, Eny Hary Sutiarny

MALANGTODAY.NET – Per satu Februari 2017, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menargetkan untuk kembali dapat memberi layanan publik melalui kelurahan. Sebab, saat ini proses rekruitmen kepada pekerja non PNS yang nanti akan membantu pekerja dilingkungan kerja kelurahan.

“Sudah dibuka, dan sekarang proses rekruitmen masih berjalan. Pengumuman dilakukan 20 Januari, dan berlanjut pada tahap berikutnya,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, Eny Hary Sutiarny kepada Media beberapa saat lalu.

Menurutnya, sebanyak 72 kursi kosong yang saat ini diperebutkan untuk mengisi kebutuhan di lima kecamatan Kota Malang. Mereka yang hendak masuk, harus mengikuti beragam tes, baik tea tulis maupun psikologi. Kemudian berlanjut pada tahap orientasi atau pengenalan terkait apa saja yang harus mereka kerjakan.

“Jadi kebutuhan dan kewajiban mereka nantinya dapat berjalan secara profesional,” tambah perempuan berhijab ini.

Sementara terkait saat ini kepengurusan kependudukan dan catatan sipil yang masih berlangsung di block office, dia tetap mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus setiap kebutuhan secara pribadi, dan tidak menggunakan jasa calo.

Sebab, lanjutnya, ketika menggunakan calo masyarakat harus dibebani biaya lumayan tinggi yang itu bukan digunakan untuk instansi, melainkan untuk diri sendiri. Sedangkan apabila datang sendiri, proses pun akan berlangsung cepat dan gratis.

“Jadi kami tetap mengimbau, untuk masyarakat datang sendiri, tidak melalui tangan ke tiga,” tutup Eny.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here