​MALANGTODAY.NET – Semangat prajurit TNI AD terutama di lingkungan Satuan Kerja SATKER Keuangan Daerah Militer (KUDAM) V/Brawijaya senantiasa dapat mengikuti perkembangan yang dinamis modern serta meningkatkan profesional, tentu menjadi tuntutan individu di setiap profesi. Tak jarang untuk meningkatkan profesifonalitas prajurit, dilaksanakan adu kecerdasan / perlombaan di beberapa bidang. 
Karena itu, bertepatan di usia ke 71, Keuangan Daerah Militer (Kudam) V/ Brawijaya melaksanakan berbagai penilaian ke anggotanya dalam berbagai bidang. Penilaian tersebut terkait dengan kemampuan dan kecerdasan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.
“Kami memberikan apresiasi kepada prajurit yang beprestasi terutama dalam bidang bendaharawan. Penilaian terhadap laporan administrasi anggota terbaik telah dilakukan satu tahun sebelumya, yang meliputi 12 satuan kerja di wilayah Jawa Timur,” terang Kepala KUDAM V/Brawijaya, Kolonel Cku Muharram Belle, Minggu (30/10) saat merayakan HUT Kudam V/Brawijaya yang ke 71 di Lapangan Kudam V Rampal Malang.
Ia menambahkan, ada 12 satuan kerja di wilayah Jawa Timur yang berasal dari Kudam Korem 083, Kudam Korem 084, Kudam Rindam, Kudam Zidam, Kudam Bekangdam, Kudam Paldam, Kudam Hubdam, Kudam Kesdam, Kudam Brigif Mekanis, keuangan rumah sakit dan mengikutkan pejabatnya keuangan.
“Sejumlah 10 pejabat keuangan ikut perlombaan ketertiban adminsitrasi laporan keuangan tingkat bendaharawan rumah sakit jajaran Kodam V Brawijaya. Untuk penilaiannya, sudah dimulai sejak satu tahun sebelumya dan berakhir di saat datangnya hari jadi,” lanjut lulusan Akmil 95 asli Makasar ini.
Beberapa kriteria penilaian berdasarkan kelengkapan laporan,komunikatif, ketepatan waktu dan lainya. Dan sebagai penghargaan juara 1 tertib administrasi laporan keuangan tingkat bendaharawan Rumah Sakit jajaran Kodam V/Brawijaya diraih Lettu Cku Yanto Budi Utomo (Rumkit tingkat III Brawijaya SBy), disusul Kapten Cku Karsono (Rumkit tingkat III Jember) juara II dan Kapten Cku Imam Purwanto (Rumkitban Sidoarjo) sebagai juara III.

Penghargaan lain diberikan juga kepada anggota berpreatasi, PNS dan Militer. Tidak hanya itu, kepada anggota dengan masa persiapan pensiun juga mendapat tali asih dari Kepala Kudam. Untuk PNS terbaik 1 diaraih Sugeng Slamet gol III, sementara dari militer Serka Kowad Setyaningsih.
Serangkaian kegiatan sebenarnya telah dilakukan sejak satu bulan sebelumnya dengan mengusung semangat Modern dan Professional yang dimaksudkan untuk peningkatkan kemampuan guna mengikuti perkembangan teknologi pada angkatan darat serta dapat memberikan pelayanan maksimal di daerah dan pusat.
Beberapa jenis perlombaan diantaranya renang militer, volly ball,lomba tari, kebersihan mushola, kebersihan lingkungan dan lain – lain. Selain itu, beranjangsana kepada para purnawirawan mewarnai usianya Kudam yang ke 71.