XL4G
XL4G

MALANGTODAY.NET – Sebagai kota pendidikan, Malang selalu menjadi jujukan bagi para pencari ilmu. Perkembangannya pun terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga, tak heran jika ada banyak perusahaan swasta yang tergiur untuk turut andil dalam perkembangan pendidikan dan perekonomian kota kembang ini.

Presiden Direktur PT XL Axiata (XL), Dian Siswarini menyebutkan, Malang merupakan jujukan bagi pelajar di penjuru Indonesia. Selain itu, Malang juga menjadi kota terbesar ke dua di Jawa Timur setelah Surabaya. Artinya, kebutuhan telekomunikasi pun dipastikan sangat besar.

“Apalagi sekarang Malang juga menjadi salah satu tujuan wisatawan. Itu yang membuat kami mempertimbangkan untuk menjadikan Malang sebagai kota 4G XL,” katanya.

Perempuan berambut pendek ini menyebutkan, XL ingin berkontribusi dalam mendukung serta memberi motivasi kepada para mahasiswa di Malang Raya. Terutama dalam meningkatkan jaringan telekomunkasi seluler di areal kampus.

“Bekerjasama dalam pendidikan khususnya membantu program Telemedicine melalui jaringan 4G LTE XL,” tambahnya.

Sementara itu, Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi menambahkan, upaya meningkatkan layanan tersebut tak hanya sebatas memperluas wilayah layanan. Melainkan juga penerapan bermacam teknologi terkini guna meningkatkan kecepatan dan kestabilan signal.

“Dengan 4G LTE, saat ini XL menghadirkan layanan mobile broadband dengan perangkat khusus sebagai router yang dapat digunakan dimanapun dengan mudah,” ujarnya.

Menurutnya, router tersebut dapat dipancarkan pelanggan menggunakan konektivitas WiFi dan dapat di share untuk 10 sampai 32 ponsel secara bersamaan.

Saat ini, dari total 750 BTS di Kota Malang, pada tahap awal sudah tersedia 190 BTS 4G yang tersebar di Kota Malang dan sekitarnya. Sedangkan total pelanggan XL di Kota Malang saat ini lebih dari 750 ribu pelanggan.

“Semuanya merupakan pelanggan potensial untuk berpindah layanan internet 4G,” pungkasnya. (pit/ind).