Zona Integritas Akan Dicanangkan, PN Malang Ungkap Prestasinya
Kepala Pengadilan Negeri Malang kelas IA, Nuruli Mahdulis berfoto bersama Wawali, Sofyan Edi (anan), dan Kajari kota Malang, Amran Lakoni (ketiga dari kanan) @Bob/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET– Kepala Pengadilan Negeri Malang kelas IA, Nuruli Mahdulis mengatakan saat ini pengadilan Kota Malang mempunyai skor terbaik dalam hal penyeselaian perkara kasus.

Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri (PN) Malang kelas A1, di ruang sidang Cakra PN kota Malang, Selasa (26/02/2019).

Sepanjang tahun 2018 kemarin, PN kota Malang mendapat 2000-an kasus. Dari ribuan kasus tersebut, kata Nuruli, setelah dilakukan evaluasi Kota Malang mendapat peringkat terbaik dalam penyelesaian kasus kategori 2000 perkara.

“Dengan itu Kota Malang, mendapat 900 poin atau bintang 5 yang berarti adalah prestasi terbaik,” sumringah Nuruli di atas mimbar.

Selain itu, dalam kurun waktu kerja 2017-2018, Nuruli mengatakan bahwa saat ini Pengadilan Malang mendapat akreditasi A. Penilaian berdasarkan konteks akreditasi penjamin mutu badan peradilan umum Mahkamah Agung (MA).

Bukan tanpa alasan, saat ini PN Malang memang telah menerapkan beberapa program seperti Pelayanan Satu Pintu Terpadu (PTSP) dan E-court.

“Aplikasi PTSP ini yang menjadi poin adalah pengadu atau pelapor tidak akan dipungut biaya apapun karena semua sudah terdaftar langsung secara satu jalur tanpa ada perantara,” paparnya.

Sementara itu, untuk E-court merupakan pengaduan bersifat digital.

“Jadi, untuk pendaftaran gugatan online bisa diurus secara online. Tidak perlu ke sini tapi tinggal buka website kami dari jauh pun bisa,” imbuhnya.

Di samping itu, ada pula Sistem Informasi Penelusuran yang membantu pihak-pihak yang berperkara untuk langsung mengetahui posisi proses peradilannya sekarang dan kapan jadwal sidangnya.

“Oleh karena itu, untuk pihak yang berperkara di PN Malang tidak perlu curi-curi atau melalui staff pegawai tapi bisa langsung akses di Pengadilan Negeri Malang,” kata Nuruli.

Dalam acara tersebut, PN Malang kelas IA menandatangani zona integritas untuk WBK dan WBBM. Tujuannya untuk mewujudkan badan peradilan yang agung sesusai dengan visi MA. (BOB/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.