Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kecepatan data menjadi sesuatu yang sangat penting bagi para pengguna internet. Termasuk pengguna internet di Kota Malang, tentunya menginginkan kecepatan internet yang lancar dan stabil. Namun, tahukan kamu ZensTODAY berapa kecepatan rata-rata internet di Kota Malang?

Berikut ini, MalangTODAY akan melampirkan data kecepatan koneksi inetrnet di Kota Malang berdasarkan data yang telah dikumpulkan OpenSignal selama 1 Januari hingga 1 April 2019. perlu diketahui, OpenSignal adalah sebuah perusahaan swasta dari Inggris yang berkec impung dalam pemetaan cakupan nirkabel.

Dalam hasil pemetaannya, open Signal menyajikan dua tampilan data yakni kecepatan unduh(download) dan unggah (upload). Dari kedua pengelompokan itu, OpenSignal hanya mengambil sampel di 44 kota seluruh Indonesia.

Peringkat kecepatan unduh 44 kota besar seluruh Indonesia @OpenSignal
Peringkat kecepatan unduh 44 kota besar seluruh Indonesia @OpenSignal

Hasilnya, kota yang memiliki koneksi internet tertinggi adalah kota-kota besar di luar Jawa. Sepeti halnya untuk kecepatan unduh, Kota Sorong menempati posisi pertama dengan kecepatan 12.0 Mbps. Begitupun dengan kecepatan unggah, posisi pertama diduduki oleh Pekanbaru dengan kecepatan 5.9 Mbps.

Lalu, bagaimana dengan kota-kota di Jawa termasuk Kota Malang? Secara mengejutkan, ternyata Kota Malang menempati  posisi kecepatan internet pertama se-Pulau Jawa. Tepatnya, di urutan ke-14 se-Indonesia dengan kecepatan 8,9 Mbps. Kemudian disusul oleh Kota Bandung dengan kecepatan sama.

Peringkat kecepatan unggah 44 kota besar seluruh Indonesia @OpenSignal

Sementara itu, untuk kecepatan unggah, Kota Malang harus rela digeser posisinya oleh Kota Yogyakarta di nomor satu. Kecepatan unggah di Kota Gudeg ini yaitu 4.1 Mbps. Sedangkan di pengelompokan ini, Kota Malang berada di posisi kedua dengan kecepatan 3.9 Mbps.

Dengan kecepatan internet Kota Malang yang demikian, apakah ZensTODAY sudah memanfaatkannya dengan maksimal? Apalagi di Malang banyak ruang terbuka yang sudah dipasangi Wi-Fi gratis. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.