Wisata Gratis dengan Bus Macyto untuk Kafilah dan Official MTQMN XV
Bus macyto @pipit

MALANGTODAY.NET-Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang menuai banyak dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya ialah Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Pemkot Malang memfasilitasi kebutuhan rekreasi edukatif bagi kafilah dan official musabaqah berupa bus tingkat Malang City Tour (Macyto) yang dapat dinaiki secara gratis. Macyto yang semula memulai perjalanannya dari Balai Kota Malang, selama MTQMN XV berlangsung bus ini mengawali perjalanan dari UM dan UB.

Lantas mana saja jalur yang dilalui Macyto? Bus wisata keliling kota ini akan berkeliling kota melintasi tempat-tempat bersejarah dan populer di Kota Malang mulai pukul 08.00 dan 14.00. Kafilah atau panitia yang ingin menaiki Macyto dari UM dapat menunggu di depan gerbang Jalan Cakrawala dengan menunjukkan identitas kafilah atau panitia.

Rute yang dilalui bus ini antara lain start dari UM dan UB – Jalan Ijen – kawasan Stadion Gajayana – Rajabali – Stasiun Malang hingga Balai Kota. Setelah sampai di Balai Kota, penumpang yang berada di bagian atas bertukar tempat. Setelah itu bus melanjutkan perjalanan melalui Wisma Tumapel UM, Alun-alun Malang, Kauman, Kawi, hingga Ijen dan berakhir di gerbang masing-masing kampus.

Sepanjang perjalanan, kafilah dimanjakan oleh tour guide yang menjelaskan secara rinci namun tetap santai mengenai objek monumental yang dilewati, seperti sejarah patung, rumah, rumah ibadah, dan sebagainya.

Salah satu kafilah yang mengikuti wisata kota bersama Macyto ialah Fendy Aprilianto. Ia mengaku senang dengan bus Macyto. “Keren dan bagus mas saya suka busnya,” ujar mahasiswa Universitas Sains Al Quran Wonosobo tersebut.

Sedangkan menurut Fendy, kota Malang memiliki tata kota rapi dan masih banyak pepohonan rindang. Sementara itu, ia berkeinginan agar event-event semacam MTQMN bisa lebih sering diadakan. “Kalau bisa (MTQMN, red) ini jangan dua tahun sekali, tapi setengah tahun sekali,” tutupnya antusias.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.