Ilustrasii ngabuburit di Pasar Takjil Soehat Kota Malang @travelingyuk
Ilustrasii ngabuburit di Pasar Takjil Soehat Kota Malang @travelingyuk

MALANGTODAY.NET – Sudah mentradisi di Indonesia, khususnya warga Malang, ngabuburit atau bersantai jelang buka puasa kerap dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan saat ngabuburit, misalnya hunting takjil, nongkrong, atau bahkan membaca kitab suci.

Namun, apakah ZensTODAY paham apa itu ngabuburit? Yuk simak penjelasan singkat terkait tradisi jelang buka puasa itu. Tujuannya, biar ngabuburitmu lebih bermakna dan tidak hampa belaka.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ngabuburit itu berasal dari kata “burit” yang artinya menunggu azan maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Tapi asal kamu tahu bahwa kata “burit” sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sore.

Jadi arti sebenarnya dari ngabuburit itu adalah menghabiskan waktu di kala sore hari. Sehingga, ngabuburit ini bisa dilakukan setiap hari, nggak hanya di bulan puasa saja.

Namun kebanyakan orang-orang sudah mempopulerkan istilah ngabuburit ini dengan menghabiskan waktu di sore hari untuk menunggu waktu buka puasa. Maka, tak heran jika anak zaman now juga ketularan menggunakan istilah ini hanya di saat bulan puasa.

Sebetulnya, tidak ada aturan khusus terkiat kegiatan apa saja yang boleh dilakukan pada saat ngabuburit. Hanya saja, jangan sampai kegiatan ngabuburit ini mengurangi nilai ibadah puasa kita, misalnya, bermesraan dengan pasangan atau memfitnah dan ghiba.

Ngabuburit hanyalah aktivitas tambahan pada saat menjalankan ibadah puasa.Tujuannya agar kita tidak bosen menunggu saat buka puasa. Sebisa mungkin, mengisi waktu tersebut dengan hal-hal positif dan berguna, misalnya berbagi takjil dan mengaji. Dengan demikian, waktu ngabuburitmu lebih bermanfaat. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.