Wakil Ketua KPK Minta Seluruh Kepala Daerah Terapkan Zero Tolerance
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat menghadiri diskusi dan pameran kartun anti korupsi di Balai Kota Malang@Rosita Shahnaz/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menerapkan prinsip zero tolerance.

“Yang dimaksud dengan zero tolerance itu adalah bahwa pemimpin harus membawa pedang perubahan, untuk kemudian dia menjaga dan tidak toleransi kepada sedikit kelemahan sekalipun, “ujar Saut Situmorang saat menghadiri diskusi anti korupsi di Gedung Balai Kota Malang beberapa saat lalu.

Baca Juga: Smart Electric Vehicle, Kendaraan Listrik Cerdas Pertama Karya Mahasiswa TEUB

Saut Situmorang menjelaskan bahwa pemimpin di negara-negara maju sudah menerapkan hal tersebut. Karena memberantas korupsi itu sangat ditentukan oleh gaya pemimpinnya.

“KPK didalam pencegahan itu, banyak berinteraksi dengan pemimpin-pemimpin supaya mereka memegang pedang perubahan itu. Termasuk perubahan mental, moral, APBD dan segala perubahan menuju yang lebih baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Saut Situmorang berharap agar Wali Kota Malang dapat menegakkan perubahan tersebut.

“Mudah-mudahan Pak Wali Kota bisa memegang pedang perubahan itu, kalau semisal ada sesuatu yang menghalang beliau, KPK siap memberikan bantuan dari belakang,” ujarnya.

Baca Juga: PSP Kota Batu Sebagai Ajang Penyaringan Siswa Berbakat

Saut Situmorang juga menjelaskan, pemimpin yang menerapkan prinsip zero tolerance pasti akan penuh resiko, salah satunya akan dibenci dengan sekelilingnya.

“Yakinlah bahwa apabila kita menerapkan zero tolerance dan melawan kebatilan, pastilah ada orang yang mau menolong kita yang penting dikomunikasikan,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor    : Endra Kurniawan

Loading...