Perwakilan GP Ansor dan Banser Kabupaten Malang mendatangi Polres Malang (Dhimas)
Perwakilan GP Ansor dan Banser Kabupaten Malang mendatangi Polres Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET Seorang ustadz asal Pasuruan, Sa’adullah Basuni dilaporkan Gerakan Pemuda Ansor bersama Banser Kabupaten Malang ke Polres Malang, Sabtu (5/1/2019).

Sa’adullah dilaporkan lantaran diduga menyebarkan ujaran kebencian ketika menjadi penceramah di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, September 2018 lalu. Hal itu diperkuat dengan beredarnya video yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Ketua Bhayangkari Cabang Malang Beri Perhatian Korban Penyekapan

Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim menyampaikan, dalam kegiatan ceramah di Desa Kidal tersebut, Sa’adullah secara gamblang menghina NU dan Banser. Bahkan, Sa’adullah juga menyebutkan golongan agama dan ras tertentu.

“Secara spesifik juga menghina Kyai Ma’ruf Amin sebagai PKI dan sebagainya,” kata Husnul kepada pewarta di Polres Malang.

Untuk melengkapi alat bukti, pihak pelapor juga menyertakan video ceramah Sa’adullah berdurasi sekitar dua menit. Selain itu, saksi dari Banser yang ada di lokasi ceramah juga dihadirkan untuk memperkuat bukti.

Baca Juga  Polres Malang-Pemkab Malang Sepakat Soal Pengawasan Dana Desa

“Video ini sudah viral. Sebelum melapor kami sudah koordinasi dengan GP Ansor Pasuruan. Karena kejadian di Kabupaten Malang, kami diarahkan untuk laporan saja,” ucap Husnul.

Apa yang dilakukan GP Ansor dan Banser Kabupaten Malang bukan tanpa sebab, mereka menilai seharusnya sebagai seorang pendakwah, Sa’adullah seharusnya mengedepankan etika dan norma dalam agama itu sendiri, bukan malah menyebarkan ujaran kebencian.

“Sehingga ceramah tidak mencederai yang lainnya. Indonesia adalah negara hukum. Maka proses hukum harus berjalan,” tandas Husnul.

Penulis: Dhimas Fikri
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.