Ultra Mikro Ditarget Rampung Mei
Produk UKM Kota Malang yang dipamerkan dalam Malang City Expo (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Skema pinjaman anyar yang digarap Kementerian Koperasi Dan UKM bersama Kementerian Keuangan, yakni Ultra Mikro (UMI) ditarget rampung Mei mendatang.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, UMI untuk saat ini masih digodog. Setelah selesai, maka setiap koperasi yang da di seluruh Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan peluang besar tersebut.

“Rencananya, bunga untuk pinjaman ini sebesar dua persen saja,” katanya pada Media, Kamis (27/4).

Dia menyampaikan, skema terbaru ini tujuannya untuk menyasar pengusaha industri UKM dan IKM dengan pinjaman di bawah Rp 10 juta tanpa agunan. Karena selama ini, skema pinjaman KUR bagi UKM dan IKM tanpa agunan yang sudah diterapkan oleh perbankan adalah pinjaman di bawah Rp 25 juta.

Sehingga, lanjutnya, pengusaha yang hendak melakukan pinjaman tersebut dapat memanfaatkan program tersebut melalui koperasi dan lembaga keuangan non bank yang tersebar di Indonesia. Namun untuk total jumlah pengusaha yang akan ditarik dalam program ini masih belum diketahui.

“Karena ini masih awal, jadi belum dapat diprediksi dan masih akan dilihat lagi,”  tambahnya.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan, koperasi, UKM, dan dunia pariwisata sangatlah berkaitan. Sehingga perlu didorong agar dapat terus bersinergi. Menurutnya, ketika koperasi dan UKM sebuah daerah mengalami peningkatan, maka secara otomatis pariwisatanya juga terdongkrak, begitu pula sebaliknya.

“Seperti di Bali salah satunya, pariwisatanya maju, dan industri UKM serta koperasinya pun turut merangkak naik,” jelasnya.

Dia pun berharap, agar Kota Malang dapat menjadi sebagai salah satu daerah yang kuat dan dapat terus memajukan UKM serta usaha koperasinya. Karena di kota pendidikan ini terdapat banyak potensi yang dapat digali lagi.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.