Total Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Singosari Menjadi 115 Unit
Kondisi pemukiman warga setelah diterjang puting beliung (yoga)

MALANGTODAY.NET – Data keseluruhan rumah rusak yang berhasil dihimpun MalangTODAY atas bencana puting beliung di Dusun Blandit, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (20/03), mencapai 115 rumah.

Pendataan tersebut dilakukan oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Identifikasi tersebut untuk mempermudah distribusi bantuan dari Pemerintah.

Seperti diberitakan sebelumnya, data sementara terkait kerusakan masih sekitar 75 rumah, namun setelah ditelusuri ternyata bertambah. Data tersebut diambil dari tiga RT yang berada di RW 1 dan 2.

“Total rumah rusak mencapai 115. Rinciannya untuk rusak ringan 7 rumah, rusak sedangnya 108. Untuk korban luka ringan karena kejatuhan genting sudah tertangani,” kata Camat Singosari, Eko Margianto beberapa saat lalu.

Menurutnya, dari hasil pendataan itu nantinya juga akan menjadi acuan besar kecilnya nominal yang akan diberikan kepada pemilik rumah.

“Pihak BPBD nanti yang akan menentukan besaran dana bantuan yang diterima  masyarakat. Hal itu nanti berdasarkan atas bentuk kerusakan, apakah berat atau ringan,” jelasnya.

Seperti diketahui, angin ganas tersebut menyapu pemukiman warga sekitar lima menit. Setengah jam berselang juga terjadi hujan deras yang mengakibatkan genangan air setinggi betis orang dewasa. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here