Aksi Solidaritas Tolak Pembangunan Pabrik Semen
Aksi solidaritas mahasiswa UMM menolak pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng @MalangTODAY/ucang

MALANGTODAY.NET – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa untuk Rakyat Tertindas (SMART) menggelar aksi di depan gerbang masuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa (21/3) malam.

Aksi solidaritas ini didasari atas meninggalnya salah satu aktivis, Patmi (48) salah seorang yang getol menyuarakan penolakan terhadap rencana pendirian dan pengoperasian pabrik semen milik PT. Semen Indonesia di Rembang dan pabrik semen lainnya di Pegunungan Kendeng pada Selasa (21/3) dini hari.

Humas aksi SMART, Ucang menyampaikan penolakannya terhadap pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng dan sekaligus berbela sungkawa atas kematian Patmi dalam aksi protes penolakan yang dilakukan di depan Istana Presiden.

Mahasiswa yang mengambil program studi Teknik Industri UMM ini kecewa terhadap tumpulnya kepekaan politik para pengurus negara, termasuk pengingkaran tanggungjawab menjamin keselamatan warga dan keutuhan fungsi-fungsi ekologis dari bentang alam pulau Jawa, khususnya kawasan bentang alam Kendeng.

Dalam aksi solidaritas ini, para mahasiswa yang mengikuti menyalakan lilin sebagai ungkapan kekecewaan dan rasa berduka.

“Sungguh ironis, di satu pihak pemerintah Republik Indonesia menggembar-gemborkan itikad dan tindakan ikut menjadi resolusi sejati dari krisis perubahan iklim dan hilangnya keragaman hayati, menegakan hukum serta melakukan pembangunan dari pinggiran,” pungkasnya.(yog/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here