Penampakan tol Mapan yang dioperasikan secara fungsional beberapa waktu lalu (ist)
Penampakan tol Mapan yang dioperasikan secara fungsional beberapa waktu lalu (ist)

MALANGTODAY.NET – Tol Pandaan-Malang segera diresmikan hari ini, Senin (13/5/2019) oleh Presiden Joko Widodo. Dari V seksi tol, yang akan diresmikan hari ini hanya seksi I-III, Pandaan-Singosari.

Sementara untuk seksi IV (Singosari-Pakis) dan seksi V (Pakis-Kota Malang)  masih dalam tahap kontruksi dan akan dibuka fungsional. Tol Pandaan-Malang seksi IV dan V akan dibuka fungsional selama pelaksanaan mudik dan balik lebaran 2019.

Pihak Jasamarga hanya membuka satu lajur searah. Untuk arus mudik, lajur yang dibuka hanya arah untuk keluar dari Pandaan. Mengenai teknis lebih lanjut, Jasamarga masih akan berkordinasi dengan kepolisian.

“Sistemnya satu arah, tidak menampung keluar masuk. Waktu mudik kita buka satu arah untuk keluar dari Pandaan, kalau balik kita buka dari sebelah tapi tetap satu arah,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto dilansir dari Kompas.com (13/5/2019).

Menurut rencana, seksi tol yang masih tersisa ini akan rampung November 2019. Sampai saat ini, persentase kontruksi seksi IV telah mencapai 90 persen.

“Untuk Seksi IV-V sepanjang 7 kilometer itu bisa kita resmikan nanti November 2019. Mudah-mudahan bisa lebih cepet,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Singosari.

Meski tidak diresmikan bersamaan, Basuki mengatakan prasasti peresmian Tol Pandaan Malang hanya satu. Jika kontruksi seksi IV dan V rampung makan tol akan langsung beroperasi. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.