Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Jurusan Akuntansi Lewat Workshop
IAI Komisariat Malang Raya for MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Anggota Muda IAI Komisariat Malang Raya kembali menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Mereka kembali membuat kegiatan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa akuntansi di Malang Raya.

Menurut keterangan tertukis yang diterima MalangTODAY.net, acara tersebut dilaksanakan di hall Hotel STIE Indonesia, adapun agenda acara yaitu Workshop Audit dengan tema Metodologi dan Pendekatan Audit Berbasis International Standarts on Auditing.

Kegiatan pun berlangsung selama kurang lebih 5 jam dengan pemateri pakar andal di bidangnya.
Di antaranya Jaswadi, SE., Msi., DBA., Ak., CA., CPA dan Drs. Kukuh Budianto., MM., Ak., CA., CPA yang merupakan partner salah satu KAP ternama di Malang. Acara ini diikuti oleh 130 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai universitas di Malang Raya dan Surabaya.

Audit berbasis ISA mengacu pada audit berbasis risiko yaitu akun-akun pada laporan posisi keuangan dianalisis dengan menggunakan risiko. Pendekatan audit berbasis ISA digunakan untuk mengembangkan efektivitas dan efisien prosedur perencanaan  audit perusahaan dalam menghadapi risiko perusahaan.

Dalam pendekatan audit dan metodologi ini terdiri atas beberapa aktivitas yaitu Audit Planing, perfom audit plan, conclude and report, dan perform post engagement activities.
Workshop ini membahas tentang standar quality mutu audit dengan memberikan worksheet kertas kerja untuk lebih memberikan pelatihan yang nyata kepada mahasiswa dan calon akuntan menambah wawasan dan pengetahuan dibidang auditing.

Selain itu, para mahasiswa dapat mempraktikkan proses auditing mulai dari perencanaan (planning) sampai dengan membuat laporan.

Perwakilan IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya, Meldona sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Anggota Muda IAI Komisariat Malang Raya pada hari ini.
Meldona mengatakan bahwa acara tersebut adalah acara yang sangat bermanfaat untuk peserta yang sebagian besar adalah calon akuntan karena pembicara dalam acara ini adalah praktisi yang handal di bidang audit.

“Harapan dari acara ini adalah peserta mampu memahami prosedur audit yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Ketua Anggota Muda IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya menjanjikan adanya kegiatan selanjutnya bertaraf nasional di bulan depan dengan bentuk kerjasama dengan salah satu pihak kampus di Kota Malang.

Dia juga menyampaikan, acara tersebut rencananya akan dibarengi dengan kegiatan open recruitment Anggota Muda IAI Komisariat Malang Raya. Alfian mengajak seluruh mahasiswa yang berada di Malang atau luar malang untuk ikut dan berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

“IAI Muda mengadakan kegiatan tersebut dengan tujuan agar mahasiswa akuntansi lebih memahami keilmuan akuntansi,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here