Menyibak Asal Usul Nama Kota Malang
Monumen tugu di Kota Malang @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Meskipun tak sebesar Jakarta, Jawa Timur menjadi provinsi yang tak kalah populer untuk menjadi tujuan para perantau mendulang pundi-pundi rupiah. Berikut adalah empat kota favorit tujuan perantau dan mendadak sepi ketika musim mudik lebaran.

1. Surabaya

Surabaya (Marketeers)
Surabaya (Marketeers)

Kota pertama yakni Surabaya. Sebagai ibu kota Jawa Timur, Surabaya menjadi kota yang menyediakan banyak lapangan  pekerjaan. Tak heran, banyak perantau dari kota-kota di Jawa Timur yang mencari rezeki di Kota Pahlawan. Selain itu, Surabaya juga menjadi lokasi beberapa perguruan tinggi unggul di Jawa Timur. Jumlah ini semakin membuat Surabaya  seakan padat penduduk di hari-hari biasa.

2. Malang

Alun-alun Tugu dan balai Kota Malang @bisniswisata
Alun-alun Tugu dan balai Kota Malang @bisniswisata

Selanjutnya ada Kota Malang. Kota ini lebih banyak dihuni oleh perantau yang menimba ilmu, baik di perguruan tinggi maupun sekolah menengah. Kota Malang yang sempat menyandang kota termacet ketiga di Indonesia ini akan terasa sepi ketika musim libur tiba. Apalagi ketika musim mudik lebaran, jalanan kota akan nampak lengang. Selain itu, warung-warung makan akan sedikit yang buka karena pelanggannya berkurang.

3. Pasuruan

Alun-alun Kota Pasuruan @Mutiara Kecil Pasuruan

Berbeda dengan Surabaya dan Malang. Pasuruan lebih dipadati perantau karena banyak pabrik. Seperti tempat bekerja lainnya, pabrik-pabrik ini akan memberi kesempatan kepada seluruh pekerjaannya untuk pulang ke daerah masing-masing.

4. Jember

Masjid Jami jember @istimewa
Masjid Jami jember @istimewa

Terakhir ada Jember. Meskipun gaungnya tidak terlalu nyaring sebagai kota tujuan perantau, tapi nyatanya kota ini sepi ketika lebaran tiba. Salah satunya adalah karena pulangnya para pelajar yang menempuh pendidikan di sini. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.