Demi memperkuat penjagaan bantuan sosial (bansos), Dinas Sosial Kota Malang dan Polres Malang Kota melakukan pertemuan untuk menandatangani nota kesepahaman
Suasana pertemuan di Ruang Eksekutif Polres Malang Kota @Basri/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Demi memperkuat penjagaan bantuan sosial (bansos), Dinas Sosial Kota Malang dan Polres Malang Kota melakukan pertemuan untuk menandatangani nota kesepahaman di Ruang Eksekutif Polres Malang Kota, Jumat (11/1/2019).

Wali Kota Malang, Sutiaji, juga turut menghadiri pertemuan tersebut. Hal ini merupakan jalinan kerja sama antara Dinas Sosial Kota Malang dan Polres Malang Kota.

Agreement yang sudah ditandatangani berdua, antara Polri dengan Kemensos, akan di-breakdown sampai ke bawah, dari Polres akan melakukan agreement dengan Pemkot yang langsung dengan Dinsos yang berkaitan dengan masalah banyaknya bantuan-bantuan sosial yang mengalir sehingga nanti akan terpantau dengan baik,” ujar Sutiaji dalam kepada awak media.

Wali Kota Malang itu menyampaikan bahwa ada indikasi bahwa bantuan sosial tersebut rawan penyelewengan, maka dilakukan pertemuan ini.

“Hal ini saya kira memantik itu, karena ada beberapa kejadian besar yang kemarin terjadi, satu sisi kena bencana, tapi bantuannya tidak masuk, tapi justru dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya dalam satu kesempatan dengan media.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kapolres Malang Kota, Asfuri. Beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini untuk menandatangani nota kesepahaman terkait dengan penanganan dan penegakan hukum tentang bantuan sosial karena ditengarai ada bantuan yang tidak sesuai sasaran dan ada penyimpangan-penyimpangan.

“Sehingga perlu adanya nota kesepahaman ini, nanti tentunya kami dari Polres menunggu dari atas apa isi nota tersebut sehingga kami bisa laksanakan iktikad,” ujar Asfuri.

Meski demikian, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan terkait penyelewengan bantuan sosial. Pihaknya akan terus mencari informasi terkait hal tersebut.

Asfuri juga menegaskan jika ada bantuan sosial sudah turun, Polres akan turut mengawal bantuan tersebut sampai kepada yang berhak.

“Sesuai interupsi Pak Wali tadi, akan ada pendampingan dari kepolisian atau kejaksaan nanti, akan bersama-sama turun ke wilayah atau lokasi sehingga bantuan ini tepat sasaran,” pungkasnya.


Reporter: Basri Masse
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.