Tak Ingin Masuk ke 'Lubang' yang Sama, Pemkot Malang Komitmen Perangi Korupsi
Wali Kota Malang, H. Sutiaji (baju hitam) menandatangani Pakta Integritas seusai acara @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Komitmen pemerintah kota (Pemkot) Malang dalam memberantas korupsi rupanya ditegakkan secara serius. Salah satunya adalah adanya acara Deklarasi Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta Penandatanganan Pakta Integritas di lingkungan Kantor Pertanahan Kota Malang, Selasa (8/1/2019).

“Zona Integritas WBK dan WBBM adalah wujud komitmen untuk menghindari korupsi,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji.

Baca Juga  Komnas HAM RI Takar Keberpihakan Pemkot Malang Atas Kelompok Minoritas

Sutiaji berpesan bahwa Kantor Pertanahan dapat terus berjuang dan bekerja keras untuk memberikan legalitas terhadap aset tanah milik masyarakat di Kota Malang, terutama aset-aset milik Pemerintah Kota Malang.

“Model-model pembangunan dengan sistem pentahelix yang saat ini kami lakukan merupakan wujud kerja bersama yang sama-sama membangun dan mengawasi. Sehingga tujuannya agar selalu terhindar dari ancaman korupsi,” ucapnya.

Pencatatan dan tertib administrasi menjadi salah satu cara untuk menghindari praktik-praktik korupsi, terutama di lingkungan Pertanahan Kota Malang.

“Mengapa demikian, karena aset dan hal-hal yang berhubungan dengan pertanahan, seringkali menjadi permasalahan jika berkaitan dengan sejarah aset tersebut,” tegas Sutiaji.

Sementara di lain pihak, Kepala Kantor Pertanahan Kota Malang, Masduki, berkomitmen akan memberikan pelayanan publik sesuai tugas dan fungsinya dengan bebas korupsi, gratifikasi, dan praktik KKN lainnya.

“Kami berharap agar seluruh elemen masyarakat mendukung kami untuk membulatkan tekad, komitmen dan membangun integritas sesuai dengan amanat Kementerian PAN dan RB” tegasnya.

Baca Juga  Temui Dinsos, Polres Malang Kota Siap Bantu Pengamanan Bantuan Sosial

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan miniatur penerapan reformasi birokrasi di beberapa unit kerja. Pembangunan zona integritas bersih melayani mampu menumbuhkembangkan birokrasi tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntable.

“Kegiatan ini adalah langkah lanjutan pencanangan zona integritas yang dideklarasikan Menteri Agraria dan Tata Ruang yang telah berkomitmen bahwa seluruh aparatur kementerian baik di pusat maupun daerah bersama-sama membangun integritas individu dan organisasi di lingkungan kerja masing-masing,” jelas Masduki.


Reporter: Basri Masse
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.