Kebun herbal di Kampung Herbal Kota Malang @Kompasiana
Kebun herbal di Kampung Herbal Kota Malang @Kompasiana

MALANGTODAY.NET – Kota Malang sempat hits karena beberapa kampung tematiknya seperti Kampung Warna-warni Jodipan. Selama ini sebagian dari kita juga mengenal  kampung tematik adalah kampung yang bangunannya direnovasi sedemikian rupa.

Namun, ada loh kampung tematik di Kota Malang yang tidak mengandalkan bangunan sebagai ikonnya. Kampung tersebut adalah Kampung Herbal. Kampung ini terletak di Jalan KH Malik Dalam, Baran, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kampung ini telah diresmikann oleh Wali Kota Malang saat itu, M Anton pada 19 November 2016 lalu. Sesuai namanya, kampung ini menonjolkan tanaman-tanaman herbal. Para warga juga memanfaatkan olahan herbal untuk roda perekonomian mereka.

Dilansir dari Kompas.com (20/11/2016),kampung ini bahkan sudah memiliki pusat produksi aneka macam herbal. Pusat produksi ini dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang.

Beberapa tanaman herbal yang ditanam di kawasan ini yaitu jahe, temu lawak, rempah-rempah, rosella, dan stefia. Sementara itu, mengenai olahan rempah, mereka telah memiliki 10 macam olahan makanan dan minuman herbal.

Sebagaimana diketahui, Kota Malang memiliki beberapa kampung tematik. Diantaranya yaitu Kampung Warna-warni, Kampung Tridi, Kampung Glintung Go Green (3G), Kampung Sanan, Kampung Topeng, Kampung Biru, Kampung Heritage Kayutangan, Kampung Budaya Polowijen, Kampung Putih, dan Kampung Keramik Dinoyo. Banyaknya ragam kampung tematik ini membuat Kota Malang semakin kaya daya tarik wisata. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.