Tahun Depan, Penerima PKH di Kota Malang Kembali Bertambah
Menteri Sosial, Khofifah Indarparawansa (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Malang tahun depan akan bertambah. Hal ini disampaikan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa saat hadir dalam Penyerahan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Sukun Kota Malang, Minggu (12/11) kemarin.

Perempuan berhijab ini menyampaikan, secara nasional Presiden RI, Joko Widodo telah menambah jumlah penerima bantuan PKH sebanyak 4 juta keluarga, dari yang semula 6 juta menjadi 10 kita penerima di tahun 2018.

“Jadi bukan berarti masyarakat di Kota Malang angka kemiskinannya bertambah,” katanya pada wartawan.

Dari jumlah tersebut, menurutnya penambahan untuk wilayah Jawa Timur sebesar 538 penerima baru. Sedangkan khusus untuk Kota Malang, penambahan diberikan kepada 1.800 keluarga. Artinya,  akan ada sekitar delapan ribu penerima bantuan PKH untuk warga Kota Malang di tahun depan.

“Jadi, jika hari ini ada 6.200 penerima PKH, maka tahun depan akan ditambah sekitar 1.800 an penerima baru,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan, penambahan terhadap 4 juta penerima PKH itu didasarkan pada Basis Data Terpadu (BDT). Dimana dalam BDT untuk saat ini masih tercatat sebesar 11 persen penerima dari ketentuan awal sebesar 40 persen.

Artinya, tambahnya, jika tahun depan ada penambahan sebanyak 4 juta penerima bantuan PKH yang baru, maka PKH akan tembus 15,6 persen. Sehingga, ia kembali menegaskan agar pemerintah daerah turut memantau pergerakan data dari BDT.

“Kalau sudah ada warganya yang mentas dan mandiri, maka saya harap pak lurah bisa menyampaikan ke kecamatan dan dilanjutkan ke Wali kota atau Bupati. Selanjutnya agar disampaikan ke Gubernur dan berakhir ke Kemensos,” paparnya panjang. (Pit/end)