Sutiaji saat menghadiri Pasar Rakyat di Pasar Klojen @Pemkot Malang
Sutiaji saat menghadiri Pasar Rakyat di Pasar Klojen @Pemkot Malang

MALANGTODAY.NET – Ekonomi rakyat merupakan salah satu bidang yang mendukung kesejahteraan rakyat. Pemerintah kemudian berlomba-lomba mencari upaya untuk menggerakkan ekonomi rakyatnya. Salah satu upayanya yakni menggerakkan roda ekonomi mikro seperti penjualan di pasar tradisional.

Demi menggerakkan ekonomi di Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan komitmennya untuk mendukung Pasar Rakyat. Komitmen yang diutarakan Sutiaji meliputi dukungan kelancaran logistik dan upaya menikkan omzet pedagang.

“Karena itu salah satu komitmen Pemkot Malang adalah meningkatkan daya saing pasar rakyat, mendukung kelancaran logistik dan distribusi serta bagaimana menaikkan omzet pedagang,” ujar Sutiaji saat memberikan sambutan dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Klojen, Kamis (18/4/2019)

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Pemkot Malang rencananya akan melakukan revitalisasi pasar. Revitalisasi ini dimaksudkan agar pasat tradisional nantinya tidak kalah dengan bisnis retail modern.

“Penguatan terhadap ekonomi mikro yang diwakili oleh pasar rakyat ini diharapkan juga mampu menekan angka gini rasio di Kota Malang. Karena itu, upaya revitalisasi pasar merupakan salah satu dari cara pemerintah dalam mendongkrak ekonomi,” tukasnya.

Tak menutup mata, Sutiaji juga meminta pengelolaan pasar tradisional nantinya harus menerapkan konsep digital seperti pembayaran online. “Pasar rakyat juga kedepan harus mengenal dunia IT, bagaimana tata cara pembayaran online nanti akan kita tata, sehingga mereka bisa berkompetisi dengan pasar modern,” tuturnya.

Meski demikian, Sutiaji tetap tidak ingin menghilangkan ciri khas pasar tradisional itu sendiri. Ia ingin tetap ada tawar-menawar antara pembeli dan pedagang. (Yog/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.