Beri Layanan Gratis, Stan Dispendukcapil Ramai Diserbu Warga Malang
Beri Layanan Gratis, Stan Dispendukcapil Ramai Diserbu Warga Malang

MALANGTODAY.NET Ratusan warga ramai menyerbu mobil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang yang berada di samping gedung DPRD Kota Malang, Rabu (20/2/2019) pagi. Warga yang terdiri dari berbagai tingkatan usia ini mengantre untuk melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP).

Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang, Slamet Utomo menyampaikan bahwa perekaman e-KTP yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menyasar para pemilih pemula.

“Untuk pembuatan perekaman dan percetakan KTP khususnya yang berusia 17 tahun,” kata Slamet Utomo saat ditemui di halaman Balai Kota Malang, Rabu (20/2/2019).

Dalam layanan Dispenduk Capil kali ini memberikan pelayanan tersebut secara gratis dan khusus untuk warga Kota Malang saja. Sementara itu, mengenai syarat perekaman e-KTP, Slamet menjelaskan, pemohon e-KTP cukup membawa fotocopy kartu keluarga yang terbaru.

“Untuk syarat bagi e-KTP rusak, masyarakat hanya perlu membawa e-KTP yang rusak dan fotocopy kartu keluarga. Sementara bagi masyarakat yang e-KTP-nya hilang cukup membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan fotocopy kartu keluarga,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Poniah, seorang pemohon yang tinggal di Jalan Mayjen Panjaitan mengaku rela mengantri lama karena KTP yang dicetak bisa langsung jadi hari ini juga.

“KTP elektronik saya hilang beberapa minggu lalu, ini mau cetak lagi di sini, karena bisa langsung jadi,” kata ibu-ibu berusia 69 tahun tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan pula oleh Slamet, bagi masyarakat yang hari ini telah melakukan perekaman namun belum mendapatkan e-KTP dapat mengambilnya di kelurahan tempat tinggalnya masing-masing. (FAJ/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.