Stakeholders se-Kota Malang Hadiri Sosialisasi Pemantauan Warga Asing
Sambutan Drs. Abdul Malik, M.Pd mewakili Plt Wali Kota Malang@Rosita Shahnaz/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting dalam mengawasi kegiatan Warga Negara Asing (WNA) di seluruh Indonesia, termasuk Kota Malang.

Menanggapi hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol) Kota Malang memiliki ide kreatif untuk meyelenggarakan Sosialisasi Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah (Pemda) dalam Pemantauan Orang Asing,  Lembaga Asing (NGO).

Baca Juga: Selamat Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik ‘Si Meong’ yang Bikin Melongo

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di Savana Hotel & Convention, Rabu (08/08/2018) diikuti stakeholders se-Kota Malang .

Dihadiri lurah dan camat se-Kota Malang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kader Bela Negara, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat, mahasiswa, jajaran Intel, Satgas Pamwil,  FKDM dan FKUB.

Dalam kesempatan ini, Bangkesbangpol Kota Malang menggandeng Plt Wali Kota Malang yang diwakili asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, perwakilan Kemendagri, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I dan Kasat Intelkam Polres Malang Kota selaku narasumber.

Kasubdit Pengawasan Orang Asing, Dit. Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kemendagri, Masykur menyampaikan pentingnya filterisasi yang ketat dan koordinasi antara pemerintah pusat sampai dengan pemangku wilayah dalam mengawasi kegiatan WNA.

Baca Juga: 8 Serba-Serbi Angka 8 Yang Jadi Tanggal Cantik Hari Ini

“Indonesia tidak anti asing, tapi mengawasi dan mewaspadai aktivitas orang asing,” tegasnya.

Dengan adanya sosialisasi ini,  diharapkan lurah dan camat se-Malang Raya selaku pelaksana lapangan, lebih ketat dalam melakukan pemantauan WNA di wilayah kerja masing-masing.


Reporter: Rosita Khahnaz
Editor   : Annisa Eka Safitri