Wahai Pendidik, Ini Pesan Jokowi Untuk Anda
Presiden Joko Widodo resmikan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur, Sabtu (3/6).

MALANGTODAY.NET – SMA negeri pertama di Indonesia yang berbasis taruna nala, yaitu SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur diresmikam langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Sabtu (3/6). Sekolah yang terletak di Kota Malang itu digadang-gadang mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, langkah mewujudkan sekolah berbasis taruna nala ini patut untuk diapresiasi. Pasalnya, pemerintah daerah mampu saling bekerja sama dan saling mendukung untuk pembangunan SDM dalam bidang pendidikan.

“Saya bangga, karena Jawa Timur mampu bekerjasama dengan TNI AL, serta dukungan yang diberikan pemerintah Kota Malang untuk kemajuan pendidikan kita,” katanya.

Dia pun berharap, SMA Negeri Taruna Nala tersebut akan dapat menghasilkan SDM yang berkompeten serta mampu bersaing dalam kancah global. Dengan begitu, pembangunan bangsa pun akan terus mengalami perbaikan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam sambutannya menambahkan, salah satu misi dari pemerintah Jawa Timur adalah menciptakan generasi berpendidikan yang berakhlaq mulia. Melalui pendidikan berdaya inovatif dan kreatif seperi SMA Negeri Taruna Nala tersebut, SDM di Jatim ditargetkan dapat terus meningkat.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu pun menyampaikan, saat ini SMA Negeri berbasis taruna nala tersebut memiliki beragam fasilitas. Diantaranya ruang belajar yang representatif, tempat berolahraga, hingga fasilitas asrama yang bagus.

“Kami juga menerapkan kurikulum bela negara serta kemaritiman yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL),” ujarnya.

Dalam tahun ajaran 2017/208, menurutnya antusias yang ditunjukkan masyarakat sangat luar biasa. Dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 500 orang, dan karena keterbatasan kapasitas, maka hanya 180 peserta saja yang berhasil lolos.

Sementara saat ini, jumlah pelajar yang telah terjaring adalah 180 orang untuk kelas X, 141 orang di kelas XI, dan 91 peserta didik dari kelas XII. Jumlah tersebut pun menurut Pakde Karwo akan terus ditingkatkan, melalui penambahan daya tampung.

“Dengan anggaran yang terbatas dan mudah-mudahan bisa ditambah, kami akan menambah fasilitas asrama, olahraga, dan sarana belajar,” urainya sembari tersenyum.

Tak hanya itu, pria berkumis itu juga menyebutkan, 30 persen peserta didik di SMA Negeri Taruna Nala saat ini berasal dari keluarga pra sejahtera. Di mana semua biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah Provinsi Jatim.

“Usai belajar di SMA Negeri Taruna, mereka bisa melanjutkan ke berbagai jenjang perguruan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Dalam peresmian itu, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Staff Kepresidenan, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Walikota Malang, Moch. Anton.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.