Ilustrasi penukaran uang baru @Sindonews
Ilustrasi penukaran uang baru @Sindonews

MALANGTODAY.NET – Bank Indonesia (BI) Malang telah merilis jumlah maksimal uang yang bisa ditukarkan selama Ramadan 2019. Jumlah uang yang dimaksud yakni sebesar Rp 3,7 juta per orang (1 paket tiap pecahannya).

Dalam jadwalnya, BI Malang akan melayani penukaran uang khusus Kota Malang pada tanggal 26 Mei hingga 2 Juni 2019. Selain melayani penukaran di bank, BI telah menyediakan mobil kas keliling. Khusus untuk Kota Malang, mobil kas akan berada di Gedung Kartini, Jalan Tangkuban perahu No. 1A.

“Bank Indonesia Malang melayani penukaran uang melalui seluruh outlet Kantor Perbankan (Bank umum dan BPR) dalam wilayah kerja BI Malang yang memasang spanduk layanan penukaran uang, serta melalui layanan kas keliling perbankan,” tulis BI Malang, Selasa (14/5/2019) dalam akun Instagram @bankindonesiamalang.

Mengenai teknis, penukaran uang akan dimulai pukul 08.00 WIB. Kemudian, antrean setiap harinya dibatasi hanya untuk 1200 orang. Setiap orang hanya mendapatkan satu kali kesempatan menukar uang selama periode penukaran uang di Gedung Kartini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BANK INDONESIA MALANG (@bankindonesiamalang) on


Saat penukaran, masyarakat diwajibkan untuk membawa KTP asli sesuai dengan identitas penukar. Ketentuannya, satu KTP berlaku untuk satu orang penukar.

Sebagaimana diketahui, untuk Idulfitri kali ini Bank Indonesia (BI) Malang telah menyiapkan uang kartal sebanyak sekitar Rp 4.7 triliun. Jumlah ini didasarkan pada permintaan kebutuhan pada Idulfitri tahun lalu yang mencapai Rp 3.9 triliun.

Demi mengantisipasi kepadatan antre penukaran uang, BI Malang telah bekerja sama dengan beberapa bank umum dan BPR. Beberapa bank tersebut antara lain BNI, BCA, dan BPD Jatim. BI Malang juga melayani penukaran uang dengan menggunakan mobil kas keliling. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.