Selamat, Kota Malang Raih Penghargaan dari Kemendag!
Wali Kota Malang, Sutiaji (ketiga dari kiri) saat menerima penghargaan PTU dari Kemendag @Humas Pemkot Malang

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kota Malang kembali memperoleh gelar prestisius. Baru-baru ini, Wali Kota Malang, Drs. H  Sutiaji, telah menerima secara langsung penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Kamis (6/12/2018).

Dilansir dari siaran pers Pemerintah Kota Malang, Sutiaji menerima penghargaan ini di Aula Hotel El Royale, Kota Bandung, Jawa Barat. Ia menerimanya langsung dari Mendag Enggartiasto Lukita atas keberhasilan pengelolaan di tiga pasar, yakni Pasar Bareng, Pasar Madyopuro, dan Pasar Sawojajar.

Baca Juga  RT dan RW Kelurahan Tunggulwulung Sepakat Kembalikan Stempel ke Pemkot Malang

Penghargaan PTU ini merupakan program Kemendag yang berupaya mewujudkan tertib tertib ukur dalam rangka perlindungan konsumen, mendorong terciptanya persaingan usaha yang sehat, dan mewujudkan ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran. Serta memperkuat pengawasan dan penegakan hukum dan membangun kepedulian masyarakat sebagai bagian dalam sistem pengawasan.

Sutiaji menyatakan bahwa penghargaan tersbeut berhasil diraih karena dari hasil evaluasi di tiga pasar tersebut telah melakukan Tera terhadap UTTP (Ukur Takar Timbangan dan Perlengkapannya) dengan baik. Ia juga berencana akan terus menggencarkan tera ulang terhadap seluruh alat ukur dan kelengkapannya di seluruh tempat yang dilaksanakan jual beli.

“Jadi masyarakat tidak perlu ragu terhadap keakuratan UTTP di kedua pasar tersebut. Harapannya kedepan mendapatkan Penghargaan Daerah Tertib Ukur, berarti semua TTP se-Kota Malang di Pasar, Toko, Warung dan lainnya, sudah di tera,” kata Sutiaji.

Baca Juga  Tanam 1000 Pohon, Sutiaji Berharap Kota Malang Kembali Sejuk

Sementara itu, Mendag Enggar menjelaskan bahwa program ini juga merupakan upaya untuk menciptakan citra positif bagi daerah dan pasar tradisional. Kegiatan yang digagas dalam upaya memperkuat perlindungan konsumen ini, Mendag menetapkan 197 pasar rakyat yang tersebar di wilayah Indonesia dan menetapkan 9 Daerah Tertib Ukur (DTU) Tahun 2018.

“Penetapan ini akan memberikan citra positif bagi daerah dan pasar tradisional. Tugas Kemendag untuk terus mendorong pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kemetrologian sebagai bentuk kehadiran negara dalam melindungi rakyatnya,” terang Enggar.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.