Masjid Sabilillah Kota Malang @radarmalang
Masjid Sabilillah Kota Malang @radarmalang

MALANGTODAY.NET – Mendengar kata masjid terbaik mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, sebutan ini memang demikian adanya. Pada tahun 2016 silam, Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Islam menobatkan Masjid Sabilillah, Kota Malang sebagai pemenang masjid besar percontohan paripurna.

Di samping prestasinya di kancah nasional itu, masjid yang berada di pintu masuk Kota Malang ini ternyata berdiri sebagai saksi bisu para pejuang Malang pada masa itu. Dulu, saat area masjid ini masih berupa tanah kosong, tanah tersebut menjadi markas para laskar Sabilillah sebelum bertempur ke Surabaya.

“Dulu memang sini dijadikan markas menggalang dukungan untuk bertempur ke Surabaya,” ujar Sekretaris Takmir Masjid Sabilillah, Akhmad Farkhan dilansir dari Jatimnow.com (7/5/2019).

Tidak berhenti sebagai markas tempur, lama kelamaan tanah kosong tersebut dibangun menjadi sebuah masjid karena banyaknya jamaah yang datang. Akhirnya pada tahun 1968 dibentuk panitia untuk membangun masjid.

Meski sudah akan dibangun masjid, lokasi tersebut masih digunakan untuk markas persiapan sebelum berangkat pertempuran 10 November di Surabaya. Selang lebih dari enam tahun kemudian, masjid yang terletak di kecamatan Blimbing ini berdiri dengan kokohnya.

Ternyata, berdirinya masjid ini tidak lepas dari makna-makna perjuangan sebagaimana sejarahnya dulu. Masjid Sabilillah memiliki pilar luar berjumlah 17 buah. Kemudian jarak antara lantai bawah hingga atap setinggi 8 meter. Selanjutnya, lebar masjid dan tinggi menara diukur sepanjang 45 meter. Ketiga angka ini menunjukkan kapan Indonesia merdeka.

Selain itu, ada makna Pancasila, rukun Islam, dan rukun Iman yang dikandungnya. Rukun Islam dan rukun Iman bersumber dimaknai dari jarak antar pilar selebar 5 meter.

Sedangkan rukun iman dimaknai dari menara masjid yang berjumlah segienam. Dikutip dari akun instagram @Cityguide911fm, Masjid Sabilillah merupakan masjid yang memiliki diameter dan tinggi lampu paling besar di Jawa Timur. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.