Anton: Sektor Layanan Publik Rawan Pungutan Liar
Wali Kota Malang, HM Anton (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Wali Kota Malang, M. Anton menekankan, tindakan tegas akan diberikan kepada para pelaku pungutan liar. Mulai dari peringatan secara tegas sampai pada proses hukum. Sementara tindakan paling berat adalah pemecatan.

“Sanksi ini berlaku untuk semua satuan kerja, tanpa kecuali,” katanya pada media sesaat setelah melakukan pengukuhan Tim Saber Pungli beberapa menit lalu.

Dia menyebutkan, salah satu ranah yang cukup rawan adalah layanan publik. Karena selama ini, tidak sedikit masyarakat yang memberi hadiah kepada petugas dalam beberapa kali penyelesaian jasa.

“Tapi sejauh ini memang belum ada laporan terkait dengan pungutan liar tersebut,” bebernya.

Sementara dengan di bentuknya tim saber pungli, lanjutnya, maka koordinasi antar unit kerja akan semakin dipermudah. Sebab, berbagai informasi akan tersalurkan lebih terstruktur.

Kanit Tindak Pidana Korupsi, Polres Malang Kota, Ipda Rudy Hidajanto menambahkan, Saber Pungli bertugas meminimalisir adanya praktik pungli. Sehingga, tindakan pertama yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi. “Karena kan kita tidak bisa langsung melakukan tindakan,” paparnya.

Sedangkan apabila terdapat laporan terkait pungli, maka tindakan pertama yang akan dilakukan adalah memberi teguran. Namun apabila masih saja bandel, akan dilakukan tindakan berdasarkan hukum.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here