Sederet Kendala Ini Hambat Realisasi Program Sejuta Rumah
Ilustrasi program sejuta rumah (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo masih terus digenjot hingga sekarang. Namun ternyata, ada beberapa kendala yang dinilai menghambat proses pembangunan rumah bersubsidi tersebut.

Ketua Umum Apersi, Junaidi Abdillah menyampaikan, secara nasional, saat ini program sejuta rumah itu masih berhasil membangun 500 ribu rumah saja. Masih sangat jauh dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Masih banyak daerah yang ruwet dan belum menjalankan peraturan percepatan dan kemudahan perizianan,” katanya pasa wartawan usai menggelar acara Musda APERSI Jatim di Hotel Atria Malang, Kamis (23/11).

Menurutnya, peraturan yang ditetapkan di setiap daerah kota dan kabupaten selalu memikiki perbedaan yang cukup signifikan. Dia juga menilai jika persepsi penerapan PP Nomor 64 berbeda dari masing-masing daerah.

“Jika masih seperti itu saya ragu program sejuta rumah dapat segera direalisasikan,” tambahnya lagi.

Selain masalah perizinan, menurutnya proses pengurusan pertanahan juga menjadi kendala tersendiri. Sehingga dia berharap, ada pendampingan khusus dari pihak hukum dalam menyelesaikan masalah lahan tersebut.

Di beberapa daerah, menurutnya peran serta dan pendampingan dari kejaksaan sudah dilakukan. Cara tersebut dinilai sangat efektif karena sudah banyak pengusaha pengembang perumahan yang dengan mudah mengiris lahannya untuk segera dibangun perumahan.

“Dan saya harap Jatim juga segera ada upaya pendampingan dari Kejaksaan,” paparnya ramah. (Pit/end)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda