Kukuhkan Dua Lagi, UB Targetkan 15 Guru Besar Tahun Ini
Universitas Brawijaya @inovasee

MALANGTODAY.NET – Kampus menjadi salah satu alasan utama banyak muda-mudi bertandang ke Kota Malang. Meskipun kini rasanya sudah penuh dengan mahasiswa, tapi para pelajar dari berbagai daerah tak surut semangatnya untuk berkesempatan menimba ilmu di sini.

Saking familiarnya dengan kampus-kampus di Malang, mereka bahkan memiliki sebutan sendiri. Jika dipikir-pikir, sebutan ini memang cocok. Berikut adalah sebutan untuk empat kampus yang terkenal di Kota Malang.

Universitas Brawijaya (UB)

UB Ungguli UI, Ini 10 Besar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Versi 4ICU
Universitas Brawijaya Malang @MalangTODAY

­Kampus yang paling populer di Malang ini memiliki julukan kampus biru. Tidak diketahui secara pasti darimana julukan kampus biru ini. Sebab, jika melihat UB saat ini, warna gedungnya tidak didominasi dengan biru. Sebutan lain yang cukup sering terdengar lainnya yakni kampus mahal. Diantara kampus-kampus di Malang, biaya kuliah di UB tergolong lebih tinggi. Namun, fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa juga tidak main-main sehingga seimbang dengan apa yang dibayarkan.

Universitas Negeri Malang (UM)

UM Tampung 1.948 Mahasiswa Baru untuk Jalur SNMPTN 2018
Universitas Negeri Malang@MalangTODAY

Selanjutnya adalah UM. UM sering kali disebut sebagai kampus keguruan. Sebutan yang tidak mengherankan karena kampus ini eks Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Meskipun terkenal dengan jurusan-jurusan kependidikan yang lengkap, UM juga memiliki jurusan dengan ilmu-ilmu murni.

UIN Malang

UIN Malang @KeMalangAja
UIN Malang @KeMalangAja

Kampus negeri di Kota Malang yang populer berikutnya yakni UIN Malang. Kampus ini seringkali disebut sebagai kampus hijau. Kata hijau disini cukup relevan karena bangunan-bangunan di kampus ini didominasi dengan warna hijau. Kalau dilihat dari kejauhan, UIN Malang cukup mudah diidentifikasi dari warna atapnya yang khas yaitu hijau.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Mahasiswa UMM
UMM @Istimewa

Di Kota Malang, kampus swasta juga nggak kalah populer. Salah satu kampus swasta yang menjadi unggulan yaitu UMM. UMM memiliki tiga kampus dengan lokasi terpisah. Kampus utamanya yaitu di UMM Kampus III di Tlogomas. Sebutan kampus putih rupanya bermula dari warna bangunan yang rata-rata berwarna putih.

Itulah sebutan yang akrab di masyarakat untuk empat kampus di Kota Malang yang paling banyak dituju calon mahasiswa. Apakah kamu setuju dengan sebutan-sebutan itu? Atau kamu punya sebutan sendiri untuk kampusmu? (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.