MALANGTODAY.NET – Akibat tanah longsor menyebabkan sebuah bangunan rumah toko (ruko) ambruk di Jalan Sigura-gura Barat, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Peristiwa terjadi sekitar pukul 20.45 WIB, tepatnya di samping jembatan yang merupakan akses dari Kampus ITN Malang menuju UIN Maliki.

“Sudah seminggu lalu memang sudah terlihat retak Mas. Kemudian tadi langsung longsor,” kata Anang Jatmiko (20), Karyawan Kebab Turki yang berada di depan lokasi, Minggu (5/3).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, longsoran tersebut mengakibatkan jalur ditutup total karena jembatan juga terlihat retak. “Kemungkinan akibat hujan deras tadi siang,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, petugas Kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang langsung meninjau lokasi untuk penanganan lebih lanjut.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, J Hartono mengungkapkan, kejadian longsor tersebut karena debit air sungai meningkat setelah hujan lebat. Sehingga plengsengan di samping ruko terhantam air dan tanah terkikis dan menyebabkan longsor.

“Masih kita kordinasikan dengan Dinas PU (Pekerjaan Umum), Penataan Ruang (PUPR), Perijinan, Kepolisian dan pihak terkai agar segera ada penanganan utama,” kata Hartono.

Selain itu, ia juga akan berkordinasi dengan Perusahaan Air Minum (PDAM) kota Malang, mengingat terdapat pipa saluran air di sekitar lokasi. Hal ini harus segera dilakukan agar pasokan air ke masyarakat tidak berpengaruh. “Semuanya akan kita koordinasikan, termasuk dengan PDAM,” jelasnya.

Baca Juga, Walikota Malang Minta Izin Pembangunan Ruko Ambrol Diselidiki 

Pihanya juga berharap agar semua pihak bisa mematuhi peraturan yang berlaku. Jika nanti ada pembangunan itu, membahayakan atau melanggar maka harus segera bertindak.

Satu Orang Tewas dan Dua Luka-Luka Akibat Angin Kencang di Kota Malang
Rumah Korban di Perumahan Alamsari, Jalan Joyoagung, Merjosari, Kota Malang. (yoga)

Hingga berita ini diturunkan, akses jalan yang melawati kawasan harus ditutup agar tidak membahayakan pengendara. Garis polisi (police line) dipasang agar tidak dibuat berlalu-lalang.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here