Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang @Arb
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang @Arb

MALANGTODAY.NET – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan seksi I hingga III ruas Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, Senin (13/05/2019). Ia pun meminta kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno agar digratiskan hingga lebaran.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutan sebelum menekan tombol sirene peresmian Tol Pandaan-Malang sembari berharap agar tol tersebut memberi manfaat besar bagi percepatan mobilitas masyarakat, barang dan jasa.

“Tadi saya bisik-bisik kepada pemiliknya jalan tol, Ibu Menteri BUMN, jangan sampai membayar dulu sampai lebaran. Gratisin dulu sampai lebaran. Sampai lebaran saja. Tidak usah lama-lama. Untuk percobaan dulu. Jadi, sampai lebaran gratis. Sudah dijawab, bisa Pak. Masak yang diminta presiden gak diberi,” ungkapnya disambut tepuk meriah dari pada hadirin.

Dia juga menyampaikan bahwa Tol Surabaya-Malang sudah bertahun-tahun ditunggu oleh masyarakat. Sebab, tol ini dapat mempercepat mobilitas yang sebelumnya ditempuh 3 hingga 3,5 jam menjadi 1 jam.

“Yang sebelumnya tadi Pak Bupati Malang menyampaikan dulunya ditempuh bisa sampai 3 jam. Kadang sampai 3,5 jam. Sekarang setelah ini jadi diperkiraan hanya 1 jam,” pungkasnya.

Percepatan mobilitas ini, sambungnya diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan menjadikan Jawa Timur sebagai kawasan wisata yang dikunjungi oleh banyak wisatawan.

“Kita harapkan di Malang Raya ini nanti betul-betul menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi dengan tol ini dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi menjadi semakin baik dan semakin meningkat,” tuturnya.

Terkait kekurangan 7,8 KM yang masih dalam pengerjaan, Jokowi meminta agar diselesaikan maksimal akhir tahun 2019 ini.

“Memang masih kurang sedikit, kurang 7,8 Km. Tapi saya sudah kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bahagia yang besar atas kehadiran Bapak Presiden RI, Joko Widodo untuk meresmikan Tol tersebut. Ia berharapa agar manfaat besar dari tol ini bisa dimaksimalkan dalam menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi dan wisata di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan manfaat yang besar ini bisa memberikan rasa syukur nikmat bagi seluruh warga Jawa Timur bahwa berbagai kemudahan dan aksebilitas terus bisa ditingkatkan,” imbuhnya. (Arb/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.