Ratusan Petugas BPBD Kota Malang Gelar Simulasi Penangan Kecelakaan
BPBD Kota Malang menggelar simulasi penanganan kecelakaan @istimewa

MALANGTODAY.NET – Di hari libur yang jatuh pada hari ini, ratusan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang justru mengikuti kegiatan simulasi penanganan kecelakaan yang digelar di depan Balaikota Malang, Senin (24/4) siang.

Para petugas dibagi tugasnya, ada yang beradegan seakan-akan menjadi korban kecelakaan dengan mengalami luka-luka. Sedangkan lainnya bertugas sebagai tim penolong yang mengevakuasi korban kecelakaan tersebut.

Sementara itu, Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) juga dilibatkan untuk memadamkan api saat terjadinya kecelakaan. Mereka saling bersinergi untuk melaksanakan tugas memberikan pertolongan pertama para korban .

Menurut Kepala BPBD Kota Malang, J Hartono simulasi ini perlu dilakukan mengingat masih rendahnya kesadaran masyarakat ataupun petugas dalam kesiapsiagaan penanganan bencana.

“Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dalam menyikapi terjadinya bencana sewaktu-waktu. Dengan pengetahuan didapatkan, para petugas diharapkan bisa menyelamatkan para korban dalam waktu Golden Time,” ungkap Hartono.

Selain itu, petugas juga dibekali teknik dalam mengusai alat keselamatan agar bisa menyelamatakan diri sendiri.

“Semoga bisa menambah kemampuan personil dalam membantu menyelamatkan korban bencana. Untuk latihan kali ini pesertanya kami batasi karena kalau membludak malah tidak bagus,” sambungnya.(yog/zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.