Puti Guntur Soekarno: Koperasi dan UMKM Harus Berkembang
Puti Guntur Soekarno saat memberikan sambutan di Koperasi SBW (Rahmat Mashudi Prayoga)

MALANGTODAY.NET – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa timur, Puti Guntur Soekarno berjanji akan membangun ekonomi dengan mendukung tumbuhnya Koperasi dan UMKM. Pasalnya, selama ini sektor tersebut mampu menggenjot pendapatan domestik regional bruto (PDRB) di Jawa Timur.

“Karena ami melihat ini satu potensi yang besar untuk menjadikan koperasi dan UMKM menjadi bagian dari bangunnya atau tumbuhnya ekonomi kerakyatan di Jawa Timur,” ungkap Puti, sapaan akrabnya saat kampanye di Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang, Rabu (21/2).

Baca juga: Menguak Misteri 212 dalam Pilwali Kota Malang

Untuk itu, Cawagub dari Syaifullah Yusuf ini berharap, koperasi seperti SBW mampu terus bergerak untuk meningkatkan memberdayakan perempuan sebagai penunjang atau penopang ekonomi keluarga.

“Koperasi perempuan atau koperasi wanita seperti ini harus terus bergerak. Karena UMKM dan koperasi ini penyumbang 54 persen PDRB Jawa Timur.

Menurutnya, untuk pengembangan itu harus dilakukan berbagai upaya. Seperti penguatan suntikan dana, pelatihan kepada sentra-sentra koperasi maupun UMKM lalu memberikan pelatihan dan sinergitas antar koperasi.

Baca juga: Bagaimana Seharusnya Peran Pemuda di Pilkada Nanti?

“Jadi ini terus kita akselerasi supaya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur. Tentu nanti pemprov (pemerintah provinsi) mendorong seperti itu,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga mendapatkan banyak masukan bagaimana meningkatkan potensi dari koperasi – koperasi yang ada di Jawa Timur. “Masukan – masukan ini akan kita tampung, bagaimana kedepan bisa menjadi program visi misi bersama Gus Ipul,” jelasnya.

Loading...