Puskesmas Dinoyo Ajak Anak-anak Tanamkan Pola Hidup Sehat
Pelatihan kader tiwisada di Puskesmas Dinoyo @Jazila/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka meningkatkan peran serta siswa dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, rumah tangga lingkungan masyarakat, serta meningkatkan keterampilan hidup sehat agar mampu melindungi diri dari pengaruh buruk lingkungan, Puskesmas Kecamatan Dinoyo mengadakan pelatihan kader tiwisada, pelatihan seputar kesehatan sehari–hari kepada siswa Sekolah dasar (SD)

“Ini hari keempat kami mengadakan pelatihan kader tiwisada yang diikuti oleh adik-adik siswa SD di sekitar Puskesmas Dinoyo,” ujian anggota bagian promosi kesehatan Puskesmas Kecamatan Dinoyo, Adinda Intan (15/11/2018).

Baca Juga: Tips Menghadapi Musim Pancaroba, No. 4 Perlu Diwaspadai

Kegiatan ini diikuti oleh 27 Sekolah Dasar yang lokasinya berada di dekas Puskesmas Dinoyo.

“Kami mengirimkan surat kepada 27 sekolah yang bersangkutan, kemudian mereka mengirim siswa perwakilan sekolah untuk mengikuti pelatihan tiwisada ini,” terang adinda kepada reporter malangtoday.net saat ditemui di puskesmas Dinoyo.

Adapun materi yang disampaikan yaitu terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah (PHBS), dasar – dasar Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan, kesehatan telinga, status gizi, serta pola dan kategori makanan sehat.

Baca Juga: Palsukan Rekapitulasi Uang Perusahaan, Wanita Ini Masuk Bui

Sedangkan pemateri yang bertanggung jawab menyampaikan ilmunya adalah para praktisi kesehatan yang bertugas di Puskesmas Dinoyo.

“Pematerinya dari Dokter yang ada di sini, selama 4 hari ini (11-12 dan 14-15 September 2018) mereka bergantian menyampaikan materinya,” tambahnya.

Hal tersebut tentu mendapatkan sambutan yang sangat positif oleh pihak sekolah lantaran siswanya mendapatkan ilmu baru terkait hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Para Pelanggar Lalu Lintas Kota Malang, Siap-siaplah Terciduk Kamera CCTV!

“Anak–anak mendapatkan ilmu baru, juga untuk membantu mereka supaya tahu apa sih arti kesehatan, karena dengan adanya pelatihan seperti ini anak-anak tahu persis hidup sehat itu yang bagaimana,” ujar guru dari SDN Sumbersari 2, Kasiyanik.

“Selain itu anak–anak bisa mengetahui bagaimana cara mengukur tinggi badan berat badan, mengetahui makanan yang bergizi. Karena ini sangat berarti bagi anak-anak. Terutama bagaimana memilih makanan yang sehat itu yang penting,” tambah guru olahraga tersebut.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Raka Iskandar

Loading...