Komandan Korem 083 Baladhika Jaya. (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Korem 083 Baladhika Jaya turut menyukseskan program Pemerintah dalam swasembada pangan. Pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan).

Komandan Korem 083 Baladhika Jaya, Kolonel Arm Budi Eko saat ditemui mengungkapkan, dua tahun terakhir telah menjalin kerja sama dengan Kementan.

“Dua tahun terakhir, program Swasembada pangan yang sudah kami kerjasamakan dengan Menteri Pertanian. Alhamdulillah sudah berjalan,” katanya, Kamis (2/3).

Tahun ini, para petani binaannya sudah bisa ekspor beras ke negara lain. Hal itu tidak terlepas dari proses pendampingan mulai dari mencari bibit hingga distribusi hasil panen.

“Saat ini sudah bisa ekspor hingga 100 ribu ton dan baru terkirim 10 ribu ton seperti ke Papua Nugini,” ujar Pria kelahiran Pasuruan itu.

Berdasarkan laporan terkini, diperkirakan Maret ini akan mengalami panen raya yang dikhawatirkan Bulog tidak akan mampu menyerap semua hasil panen petani.

“Hasil panen yang tidak terserap akan dibeli petani dan akan dijual ke Bulog, dengan cara seperti ini maka TNI juga sudah membantu distribusi panenan petani,” ujarnya.

Wilayah seperti di Jawa Timur, diakuinya menjadi sentra terbesar dalam bidang pertanian di Indonesia, sehingga Korem 083 Baladhika Jaya merasa memiliki tugas cukup besar untuk mengawalnya. Target berikutnya adalah Swasembada pangan lain seperti jagung dan kedelai.

“Karena harganya mahal maka kita juga minta instansi militer dan rumah dinas menanam, terutama cabai. Meskipun tidak untuk dijual, tetapi bisalah untuk memenuhi kebutuhan pribadi di setiap rumahnya,” tambahnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here