Keramik dan Anyaman Kota Malang Jadi Portofolio Destinasi Wisata Belanja
Kementrian Pariwisata (Kemenpar) (foto:mega)

MALANGTODAY.NET – Produk Kota Malang menjadi salah satu portofolio destinasi wisata belanja yang diunggulkan oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Keramik dan Anyaman termasuk dalam kriteria yang diunggulkan.

“Ada beberapa kota yang masuk dalam kriteria destinasi wisata belanja, salah satunya Kota Malang dengan keramik dan anyamannya,” terang Tendy Naim, Tim Percepatan Pengembangan Kuliner dan Belanja Kemenpar, dalam Forum Grup Diskusi (FGD) di Hotel Harris Kota Malang, Kamis (16/2).

Tendy Naim memaparkan, sejumlah kriteria menjadi syarat untuk masuk dalam portofolio destinasi wisata belanja. Syarat tersebut di antaranya memiliki daya tarik wisata, aksesibilitas, prasarana, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, pemberdayaan, investasi dan juga peran pemerintah dalam mendorong pengembangan destinasi wisata tersebut.

Tidak hanya wisata belanja, Cwimie Malang juga masuk dalam portofolio kuliner tradisional nusantara Kemenpar dengan aspek peniliaian karena memiliki daya tarik wisata lebih tinggi dibanding kuliner lainnya.

“Kenapa bukan bakso Malang yang masuk, karena kalau bakso sudah ada di hampir semua kota, tapi kalau cwimie kan tidak semua kota ada,” lanjut pria tersebut.

Sementara itu, Agung H Buana, Kasi Pemasaran Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Malang mengatakan, bangga Kota Malang menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner. Penetapan itu menjadi suatu kebanggan dan motivasi untuk terus berupaya mengembangkannya.

“Tentunya itu akan menjadi motivasi buat kami Disbupar dan juga pelaku wisata lainnya, untuk terus mempertahankan, bahkan mengembangkan potensi yang ada,” katanya.

“Tidak hanya keramik dan anyaman atau cwimie Malang saja, tapi juga potensi lainnya yang ada di Kota Malang supaya tereksplore dan mampu menarik banyak wisatawan kalau bisa melebihi target,” tambah Agung.

Kementrian Pariwisata RI menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) Percepatan Pengembangan Kuliner dan Belanja. Acara dihadiri oleh stakeholers pariwisata di Kota Malang.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here