Begini Komentar Dikti Terkait Dugaan Plagiarisme Warek 1 UIN Maliki Malang
Ilustrasi plagiarisme (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Dirjen Sumber Daya Iptek Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Dikti Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PhD mengaku telah mendapatkan kabar terkait dugaan plagiarisme yang oleh Wakil Rektor 1 Dr HM Zainuddin. Untuk itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

“Tentu kalau ada laporan kita tindak lanjuti. Untuk itu kita cek,” jelas alumni Universitas Gajah Mada ini, beberapa saat lalu.

Baca Juga: Bukunya Terindikasi Plagiat, Wakil Rektor UIN Maliki Dilaporkan Polisi

Menurutnya, kasus plagiat seperti ini sudah ada mekanisme dan prosedurnya tersendiri.

“Ya itu kan ada standar prosedurnya. Memang sebaiknya ditangani secara akademik. Sebab kasus plagiasi ini bisa dipidanakan karena terkait Undang-undang hak cipta,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Forum Independen Masyarakat Malang Raya (FIMM) telah mengadukan plagiarisme buku bertajuk ‘Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab’ ke Polres Malang Kota.

Baca Juga: Buku Harian Ibu Hamil, Tekan Angka BBLR Bayi

Pasalnya, pada Bab V buku karya WR I UIN Maliki itu diduga menjiplak buku berjudul Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi’ karya dari Prof Imam Suprayogo, yang tak lain adalah mantan Rektor UIN Maliki.

Prof Imam Suprayogo pun menyayangkan atas penyaduran buku ini, apalagi yang melakukan adalah seorang dosen. DR HM Zainuddin MA dikabarkan juga telah membuat surat permohonan maaf kepada Imam Suprayogo pada tertanggal 30 November 2016.

Pada 19 Januari 2018, Polres Malang Kota sudah meminta keterangan dari empat saksi. Dan rencananya, pekan ini ada pemanggilan saksi lagi.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...