PIC Tak Layak, Tim Cagar Budaya Harap Pemkot Malang Segera Renovasi
Balai Kota Malang sebagai salah satu peninggalan bersejarah yang akan segera ditetapkan sebagai bangunan Cagar Budaya@Pipit Anggraeni/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET Sekertaris Tim Ahli Cagar Budaya kota Malang, Agung H Buana mengatakan pihaknya sekarang mengajukan permohonan untuk renovasi Pusat Informasi Center (PIC) yang ada di kota Malang.

Menurut Agung, saat ini PIC yang ada di kota Malang sangat jauh dari kata layak untuk dijadikan pusat informasi. Baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Dengan ketidakrepresntatifan PIC ini kami mengharapkan nantinya PIC di kota Malang punya tempat yang represntatif,” ujarnya usai Musyawarah Masyarakat Seniman kota Malang di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Malang, Minggu (24/02/2019).

Untuk itu, Agung berharap Pemerintah kota (Pemkot) Malang mampu membantu pihaknya dalam merenovasi PIC. Ia menjelaskan, renovasi ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin lebih tau tentang Malang.

“Memberikan kenyamanan tempat bagi wisatawan yang ingin bertanya yang ingin mengeksplore kota Malang lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk tempat yang akan direnovasi ia menargetkan agar PIC yang ada sekarang di Ramayana bisa bergeser ke tempat eks Dunkin Donuts.

“Kita berharap di eks ramayana kita dapat ruangan disitu. Saya ngincarnya yang eks Dunkin Donuts itu,” harap Agung.

Di Malang sendiri, Agung menuturkan bahwa ada tiga PIC yang beroperasi. Yakni PIC yang berada di depan Ramayana atau Jalan Merdeka Timur, di pojokan Jalan Syaiful Anwar, dan satu lagi di daerah Bandar Udara Abdul Rachman Saleh.

Untuk PIC yang berada di Bandara Abdul Rachman Saleh, pengelolanya ialah pihak swasta. Sementara kedua lainnya dikelola oleh Pemkot Malang.

Agung menjelaskan ada hal menarik saat pihaknya berkeinginan cagar budaya kota Malang untuk merenovasi PIC. Seperti beberapa warga Malang yang secara sukarela sempat menawarkan tempatnya untuk dijadikan PIC kota Malang.

“Dua minggu yang lalu ada pengajuan dari Masyrakat mereka akan sescara sukarela membuat/menyatakan diri tempatnya untuk PIC boleh. Ada masyarakat yang tempatnya bisa digunakan dan bekerjasama dengan Pemkot untuk PIC,” jelasnya.

Tidak lupa, ia juga menyinggung bahwa saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang juga akan membangun MCC atau Malang Creative Center. Yang menurutnya akan bertempat di sekitaran PDAM kota Malang. (BOB/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.