Keindahan kawasan Kampung 3G @pipit

MALANGTODAY.NET – Lima tahun sudah inovasi menabung air kampung Gelintung Go Green (3G) berjalan. Buah manis pun mulai dirasakan oleh banyak kalangan. Kini, inovasi cinta alam itu pun mulai ditularkan di banyak kalangan dan kawasan Indonesia.

Ketua RW 23 sekaligus penggagas Kampung 3G, Bambang Irianto menyampaikan, inovasi menabung air memang sudah banyak didengar. Beberapa penghargaan kancah nasionalndan internasional berhasil disabet. Kini, konsentrasi utama yang ingin dikembangkan adalah menularkan virus cinta alam itu kepada seluruh kawasan.

“Jika dulu kita selalu menjadi langganan banjir dan tak jarang menelan korban. Sekarang kita sudah berbenah dan ingin menularkan itu,” terangnya Kamis (13/7).

Bahkan kedepan, lanjutnya, kampung 3G menargetkan mampu menjadi kampung bersih dan sehat. Gerakan tersebut menurutnya akan segera digalakkan untuk memperkokoh 3G sebagai kampung konservasi air pertama di dunia.

“Kami juga berinisiatif menjadi kampung yang mandiri secara energi. Konsepnya sudah ada dan tinggal realisasinya,” jelasnya.

Sementara itu Manager Traning Centre 3G, Soetopo Dewangga menambahkan, upaya menebarkan kecintaan dan konservasi lingkungan ini dirasa sangat menyenangkan. Baginya, hal yang paling penting adalah berkaitan dengan gotong royong.

Itu sebabnya, lanjut Soetopo, inovasi menabung air di Kampung Gelintung berlangsung dengan sangat baik. Karena setiap proses dijalankan bersama-sama untuk meningkatkan manfaat dari menabung air itu sendiri.

“Sebenarnya kalau dari bentuk teknologi menabung air di kota atau daerah lain pasti ada yang lebih baik dari kami. Tapi karena kebersamaan dalam membangun kami kuat, maka manfaatnya lebih terasa,” urainya.

Proses mengedukasi itu menurutnya akan terus ditularkan kepada banyak kalangan. Targetnya, manfaat mencintai lingkungan sekitar dapat memberi dampak positif bagi setiap kawasan tempat tinggal masyarakat.

“Kita tidak akan pernah bisa menghindari pemanasan global, untuk itu langkah seperti ini harus mulai digerakkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pengembangan konservasi air yang juga ditargetkan untuk segera ditularkan ke berbagai wilayah itu pun menurutnya membutuhkan dukungan dari banyak kalangan. Salah satunya pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memang sudah tampak menggelontorkan aneka program baru untuk kepentingan konservasi tersebut.

Baca Juga  Tak Dilibatkan di Peresmian Kampung 3G, Ini Tanggapan Warga Purwantoro

“Kerjasama dengan BUMN ini sangat kami harapkan terus berjalan dengan baik,” pungkas Soetopo.(pit/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.