Para Pelanggar Lalu Lintas Kota Malang, Siap-siaplah Terciduk Kamera CCTV!
Ilustrasi tilang elektronik @ Tribunnews

MALANGTODAY.NET – Seiring berkembangnya teknologi, kini segala sesuatu aktivitas seakan serba elektronik. Hal tersebut juga akan segera berlaku pada sistem operasional pihak kepolisian Kota Malang yang akan segera menerapkan sistem tilang elektronik.

Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) alias sistem tilang elektronik sebelumnya merupakan gagasan dari salah seorang perwira polisi, yaitu Kombes Akhmad Yusep Gunawan, yang kini menjabat sebagai Direktur Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Timur.

Baca Juga: Ini 5 Teori Tentang Kehidupan di Luar Bumi, Boleh Percaya?

Setelah di beberapa daerah di Jawa Timur berhasil menerapkan sistem tilang elektronik ini, Satlantas Malang Kota juga akan segera menerapkan E-TLE ini di Kota Malang.

Dengan sistem elektronik ini, pergerakan lalu lintas warga Kota Malang akan diawasi selama 24 jam melalui kamera pengawas CCTV. Hal tersebut sebagai upaya efisiensi waktu dan keterbukaan pelaksanaan proses tilang sekaligus pengganti proses tilang di tempat.

Baca Juga: Demi Alihkan Isu Khashoggi, Arab Saudi Bujuk Israel Mulai Perang Lagi di Gaza

“Sehingga nantinya ke depan tidak lagi menerapkan adanya anggota di lapangan untuk menilang,” ujar Kasatlantas Polres Malang Kota AKP Ari Galang Saputro, Rabu (14/11/2018).

Kasatlantas Polres Malang Kota AKP Ari Galang Saputro juga mengatakan, sistem E-TLE ini akan memanfaatkan rekaman CCTV. Jika terdapat pelanggaran, maka pelanggar tersebut akan disorot plat nomornya dan kemudian dicatat alamatnya. Setelah itu, dikirimkan surat tilang ke alamat tersebut.

Menurutnya pihak Satlantas Polres Malang Kota sudah menyiapkan segala sarana dan prasarananya, termasuk command center-nya yang sudah jauh-jauh hari disiapkan. Pihaknya akan menguji coba sistem elektronik di dua kawasan yakni di traffic light depan Hotel Savana dan Jalan Kaliurang. Nantinya di sana juga akan dipasang pengeras suara sebagai himbauan.

Baca Juga: Diduga Sebabkan Lion Air Terjatuh, Boeing Dikecam Pilot Amerika Berjamaah

“Tinggal tarik kabel, pasang CCTV dan siap mulai. Namun untuk dalam waktu dekat ini, masih akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sembari terus mengembangkan sistem E-TLE ini. Penerapan ini merupakan upaya kita dalam menumbuhkan kesadaran akan tertib lalulintas. Bahwa ada atau tidak ada anggota, masyarakat tetap tertib berlalu lintas.” pungkasnya.

Baca Juga  Peringati Suro, Rendra Ajak Umat Islam Kembali Teladani Para Wali

Reporter: Andika Fajar
Editor: Swara Mardika

Loading...