Peduli Pedagang, Kementerian Perdagangan Beri Bantuan Gerobak
Acara penyerahan alat dagang @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapat perhatian serius dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Hal ini terwujud dengan penyerahan alat dagang kepada sejumlah pedagang yang ada di Malang Raya. Bantuan ini berupa gerobak dan cool-box.

Bantuan yang berasal dari Kementerian Perdagangan RI ini diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI, Kresna Dewangga. Dia sangat mengapresiasi kerja pemerintah yang tidak sekadar janji, tetapi juga bukti.

“Ini merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan bantuan langsung kepada UKM di Malang Raya,” jelasnya saat ditemui usai acara di Kawasan Celaket, Kota Malang, Minggu (17/3/2019).

Lebih dari 100 gerobak dan 200 cool-box diberikan kepada pedagang di Malang Raya yang berjumlah sekitar 500 orang.

“Penerima total memang dari Malang Raya. Kalau masalah nilai saya tidak tahu karena ini dari Kementerian Perdagangan, bisa lah ditaksir berapa harga gerobak dan cool-box itu,” jelasnya.

Menurutnya sektor UKM ini sangatlah membantu perekonomian Indonesia sehingga harus terus ditingkatkan. Peningkatan tersebut bisa dilakukan dengan pemberian pendampingan-pendampingan yang bisa mengembangkan usaha mereka.

“Pelatihan ini sebelumnya sudah kita berikan, ke depan juga setelah bantuan ini, tetap ada pendampingan lebih lanjut,” terangnya.

Kresna juga menjelaskan bahwa setelah pemberian ini, pihaknya akan mengadakan evaluasi kepada pedagang-pedagang yang menerima bantuan. Evaluasi ini berupa pengecekan kendala dan pertumbuhan ekonominya usai diberi bantuan. “Nanti akan kita cek setiap bulan, kalau ada kendala akan dicarikan solusinya,” tambahnya.

Harapan untuk Pedagang Lebih Sejahtera

Dengan demikian pihaknya berharap setelah ada bantuan ini, para pedagang lebih sejahtera dan sukses dalam membantu perekonomian Indonesia.

“Dan kami para pemangku kepentingan juga tetap bisa menjaga amanah; melaksanakan tugasnya dengan baik,” telandasnya.

Sementara salah satu penerima bantuan, Dewi Astuti mengaku senang dan terbantu dengan pemberian gerobak ini. “Alhamdulillah bisa juga menambah penghasilan,” jelasnya.

Perempuan yang tinggak di Jalan Gili Manuk 69, Samaan ini, akan memakai gerobak bantuannya untuk usaha warung lalapan. Sebelumnya, Dewi (sapaannya) berjualan pop ice dan minuman lainnya.

“Ya, nanti jual lalapan. Rencana jualannya menetap di rumah saja; di depan rumah,” tambahnya.

Dia pun berharap dengan pemberian gerobak ini ada pelatihan. Selain itu juga ada bantuan modal. “Maunya, ya, ada tambahan modal, sih, mas,” kelakarnya. (BAS/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.