Suasana Pelantikan 40 PAW DPRD Kota Malang@Rahmat Mashudi Prayoga/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – 40 kursi DPRD Kota Malang yang ditinggalkan pemiliknya, kini tidak kosong lagi. Mekanisme PAW (Pergantian Antar Waktu) menjadi solusi kekosongan ini. Kemarin, Senin (10/9), 40 anggota dari 10 partai telah dilantik untuk kemudian menjalankan roda pemerintahan yang sempat jalan di tempat karena kasus korupsi berjamaah tersebut.

Kendati telah lengkap 40 personil, namun persoalan pemilihan calon ketua DPRD Kota Malang masih menjadi pekerjaan rumah partai politik terkait.

Baca Juga: Jadi Anggota DPRD Kota Malang Termuda, Ike Tegaskan Terus Belajar

Saat dihubungi oleh MalangTODAY, Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Rian mengungkapkan bahwa PDIP telah memiliki nama untuk diajukan sebagai Ketua DPRD Kota Malang.

“Kami langsung kirim surat resmi ke DPD untuk di teruskan ke DPP partai terkait usulan ketua dewan. Selanjutnya kami menunggu persetujuan DPP,” ujarnya.

Dari 9 anggota PAW PDIP yang telah dilantik, Made mengungapkan bahwa hanya satu nama yang telah direkomendasikan ke DPP, yaitu Bambang Heri Susanto yang menggantikan Abdul Hakim.

Made juga memaparkan terkait kriteria calon yang direkomendasikan ke DPP.

“Kriterianya senioritas di partai, integritas, loyalitas di partai dan kemampuan memimpin serta kemampuan mengendalikan emosional juga menjadi bahan pertimbangan,” jelas Made.

Pemilihan Bambang sebagai calon tunggal ini melalui seleksi yang ketat dan melibatkan banyak pihak.

“Dalam internal PDI Perjuangan, semua keputusan melalui rapat pleno DPC, khusus untuk Kota Malang pleno dipimpin langsung oleh sekretaris DPD Jawa Timur. Lewat musyawarah yang panjang di capai mufakat usulan satu nama dan seluruh fraksi yang akan dilantik ikut juga,” jelasnya.

Selain melalui rapat, pemilihan ini juga didasari oleh hasil tes psikologi yang dikeluarkan Himpsi DPP. Made menjelaskan bahwa salah satu syarat rekomendasi ke DPP adalah lulus psikotest yg diadakan DPP.

“Sembilan anggota PAW ikut semua, yang direkomendasikan ke DPP yang sesuai kriteria dan lulus psikotest, pak Bambang punya nilai plus,” ungkap Made.

Baca Juga: Gubernur Jatim: “Integritas Kunci Utama Cegah Korupsi!”

Terkait pencalonan ini, DPC berkomitmen untuk segera melengkapi berkas dan perlengkapan lain terkait pencalonan ketua DPRD agar Kota Malang pulih seperti sedia kala.

“Tindak lanjut kami masih menunggu surat dari DPP, semoga pekan ini sudah ada hasil,” ujar Made.


Reporter : Dwi Setyani
Editor : Raka Iskandar