Daging sapi - Foto Harian Nasional

MALANGTODAY.NET – Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Kota Malang antisipasi ketersediaan daging sapi jelang Ramadan dan Idul Fitri. Hal itu dilakukan dalam upaya menyiasati fluktuasi harga yang tidak stabil dan kelangkaan persediaan. Selain itu juga untuk memenuhi klasifikasi Aman, Sehat, Utuh & Halal (ASUH).

Plt Direktur PD RPH Kota Malang, Ir. H. Ade Herawanto, M.T membeberkan akan lebih giat menyiasati hal tersebut dengan melakukan sidak gabungan dalam waktu dekat ke pasar-pasar tradisional, outlet yang menjual produk olahan daging dan pasar modern atau supermarket.

“Kita rencanakan akan melakukan sidak gabungan ke pasar-pasar tradisional, outlet yang menjual produk olahan daging serta pasar modern atau supermarket,” tukasnya.

Diungkapkan Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya bahwa sesuai arahan Wali Kota Malang, Sutiaji pada saat bersilaturahmi dengan para jagal dan karyawan PD RPH di Balaikota, beberapa waktu lalu pihaknya sangat mendukung sertifikasi halal yang dapat diterapkan oleh seluruh jagal di Kota Malang.

Demi memenuhi ketersediaan produk olahan daging yang berkualitas di pasaran, lanjut Ade PD RPH juga bersinegi dengan Dinas Perdagangan. “Rencananya nanti akan ada outlet-outlet PD RPH di pasar-pasar tradisional Kota Malang,” jelasnya Sam Ade.

Di samping itu, Pertemuan Koordinasi Suplay Demand Produksi Peternakan Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) telah dilaksanakan oleh yang Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur pada Senin, (22/04/2019) di Surabaya.

Isi rapat yang dipimpin oleh Kabid PPHP Dinas Peternakan Jatim, Kusdiarto tersebut membahas perihal ketersediaan ayam potong, telur, dan daging sapi menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2019. Pula mengenai stabilisasi harga dan antisipasi kelangkaan kebutuhan pokok produksi peternakan di sejumlah daerah.

Sebagai informasi, peternakan Jawa Timur berkontribusi bagi kebutuhan nasional dengan rincian sapi potong 27 persen, sapi perah (susu) 51 persen, kambing 19 persen, domba 8 persen, ayam petelur 28 persen, dan ayam potong 14 persen. (ARB/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.