Overload Beban Kerja, Anggota Polres Malang Kota Belajar Hypnostress
Jajaran Polres Malang Kota saat mengikuti Workshop dari Himpsi Malang (ist)

MALANGTODAY.NET – Jajaran kepolisian Polres Malang Kota mendapatkan pengetahuan tentang Hypnostress dari Himpunan Psikolog (HIMPSI) Malang. Sebab, institusi Polri dinilai sering mengalami overload beban kerja, sehingga dimungkinkan mengalami beban stres tinggi.

“Berbicara mengenai stres kerja, berdasarkan riset yang ada di AS menunjukkan bahwa instansi penegak hukum adalah instansi yg paling tinggi frekuensinya mengalami tekanan stres kerja di bandingkan dengan instansi lainnya,” ungkap Ketua HIMPSI Malang, M. Salis Yulinardi, S. Psi, M.Psi, PhD, Psikolog dalam acara HIMPSI Malang Mengabdi di Polresta Malang, Rabu (25/10).

Menurutnya, hal itu terjadi karena rasio pelayanan kepada masyarakat dan jumlah anggota masih kurang ideal, sehingga dalam melaksanakan tugasnya sering mengalami stress. “Kita tau, tugas polisi ini sangat berat karena berhadapan langsung dengan masyarakat,” paparnya.

Untuk itu, salah satu pembicara dalam workshop mengatakan, cara mengelola stres di kepolisian ialah dengan menggunakan hypnostress, yang merupakan sumber energi yang harus didayagunakan.

“Polisi ini mempunyai tekanan organisasi dalam menjalankan tugas. Selain harus taat pada regulasi dan hukum yang berlaku, polisi juga ditekan oleh masyarakat. Untuk itu harus mampu mengelahui sumber-sumber stres secara positif, sehingga mampu memberikan kebijakan pelayanan masyarakat secara maksimal.” jelas Endah kepada 120 anggota Bhayangkari yang hadir di Aula Polresta Malang.

Sementara itu, Wakapolresta Malang, Kompol Nandu Dyanata, S.H.  S.I.K., M.H. mengaku berterima kasih atas kepedulian HIMPSI Malang untuk penanganan internal pegawai dan anggota Polri serta kasus-kasus khusus yang di tangani oleh kepolisian.

“Semoga dengan kehadiran para psikolgi ini, kepolisian semakin mudah dalam penanganan kasus seperti narkoba,  KDRT dan prilaku menyimpang di masyarakat,” jelasnya. (Yog/end)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda