Orang Tua Wajib Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Golden Period
Ketua Persagi Kota Malang, Ibnu Fajar, S.KM., M.Kes @Rosita/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Orang tua wajib mengoptimalkan tumbuh kembang anak pada masa golden period. Golden period itu sendiri adalah 1000 hari pertama kehidupan yang merupakan periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kebutuhan dalam 1000 hari pertama kehidupan harus dipenuhi. Mulai dari gizi ibu hamil, ASI hingga makanan tambahan yang disesuaikan,” ujar Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang, Ibnu Fajar, S.KM., M.Kes dalam acara Care Health Day yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang di Jalan Ijen, Minggu (2/12/2018).

Ia menyayangkan bahwa fakta yang terjadi selama ini banyak orang tua yang kurang memperhatikan golden period pada anak. Misalnya tidak memberikan ASI, makanan pendamping ASI diberikan terlambat, bahkan kekurangan gizi pada ibu hamil.

“Pemahaman tentang gizi di masyarakat itu sangat penting, terutama di 1000 hari pertama kehidupan atau yang disebut golden period,” tututnya.

Perlu diketahui, bahwa golden period yaitu dimulai saat pembuahan didalam kandungan hingga anak tersebut berusia 2 tahun. Pria yang juga merupakan Dosen Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) tersebut mengatakan apabila seluruh kebutuhan pada masa tersebut terpenuhi, maka generasi kedepan akan sama dengan bangsa lain.

“Hasil penelitian WHO sudah menunjukkan kalau kebutuhan pada 1000 hari pertama kehidupan itu terpenuhi, maka pertumbuhan generasi mendatang akan sama dengan bangsa-bangsa lain dan tidak akan terjadi stunting,” ucap Ibnu.

Menurut pria yang juga merupakan Kepala Unit Divisi Polkesma itu, stunting yang merupakan tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan umurnya biasanya disertai dengan perkembangan otak yang tidak sesuai.

“Kalau sudah begitu akan beresiko pada prestasi anak hingga kesulitan mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu harus diperbaiki mulai sekarang,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.